Rabu, 27 Okt 2021 08:45 WIB

Mulai Cemaskan COVID-19, Jokowi: Kenaikan Ada Meski Kecil

Ayunda Septiani - detikHealth
Jakarta -

Belum lama ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para kepala daerah untuk berhati-hati dan was-was untuk kenaikan kasus COVID-19 sekecil apapun yang ada di daerahnya.

Beberapa daerah disebut sempat mengalami kenaikan kasus meskipun sedikit dalam beberapa minggu terakhir. Misalnya, di Maluku Utara tiga minggu lalu.

Kemudian, di Papua Barat, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Barat dua minggu lalu, dan di Gorontalo, Kalimantan Barat, serta Sulawesi Tenggara pada minggu kemarin.

Hal ini disampaikan Jokowi pada saat memberikan pengarahan kepada para kepala daerah di Indonesia secara daring di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (26/10/2021).

"Meskipun kecil merangkak naik, tetap harus diwaspadai. Artinya apa? Kenaikan itu ada meskipun kecil," tegas Jokowi.

"Oleh sebab itu, saya minta Gubernur, Pangdam, Kapolda mengingatkan kepada Bupati, Walikota, kepada Kapolres dan juga Dandim, Danrem agar tetap meningkatkan kewaspadaan, memperkuat tracing dan testing, dan juga tes betul-betul kontak eratnya dengan siapa," tambahnya.

Selain itu, berdasarkan catatan Jokowi, ada sekitar 105 kabupaten kota di 30 provinsi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia yang kasus positifnya naik.

"Meskipun, sekali lagi, meskipun sedikit tetapi tetap ini harus diwaspadai. Ada 105 kabupaten dan kota," jelasnya.

Jokowi juga mengingatkan untuk semua pihak untuk memaksimalkan penggunaan platform aplikasi PeduliLindungi. Sebab, Jokowi melihat masih ada tempat di kawasan tersebut yang tidak mewajibkan dalam penggunaan QR code PeduliLindungi, namun tetap bisa beroperasi.

"Controlling seperti ini harus diingatkan kepada keluarga kita, tempat-tempat wisata, mal, dan lain-lainnya harus terus diwaspadai dan dikontrol," pungkasnya.

(ayd/up)