Kamis, 28 Okt 2021 13:48 WIB

Berlaku Harga Baru, Layanan Tes PCR di Halodoc Menghilang? Ini Faktanya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Menanti Harga Tes PCR Covid-19 Semakin Murah Tes PCR. (Foto: detik)
Jakarta -

Pemerintah telah memberlakukan harga baru tes PCR. Setelah jadi syarat penerbangan, tes PCR dipatok maksimal Rp 275 ribu di Pulau Jawa-Bali dan Rp 300 ribu di pulau lainnya.

Layanan tes PCR di platform kesehatan online, Halodoc, dilaporkan sempat menghilang. Bagaimana faktanya?

"Sejauh ini, kami telah mengaktifkan semua layanan mitra penyedia layanan tes RT-PCR dengan harga Rp 275 ribu untuk Pulau Jawa dan Bali serta Rp 300 ribu untuk luar Jawa dan Bali. Dengan demikian, mohon agar dapat dimaklumi jika terjadi perubahan opsi penyedia layanan yang telah mengikuti aturan harga baru ini," kata VP Government Relations & Corporate Affairs Halodoc, Adeline Hindarto, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (28/10/2021).

Pihak Halodoc menegaskan layanan PCR di platform mereka tidak menghilang dan bisa digunakan oleh masyarakat.

Ia menambahkan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan para mitra penyedia layanan tes COVID-19 dalam platform Halodoc, yang berjumlah lebih dari 1.000 dan tersebar di lebih dari 140 kota/kabupaten terkait aturan baru tes PCR oleh Kemenkes.

Sejak pagi tadi, sejumlah klinik dan laboratorium sudah mulai menyesuaikan harga baru. Namun masih banyak juga yang masih memberlakukan harga lama, Rp 495 ribu.



Simak Video "Pandangan Epidemiolog soal Perbedaan Harga PCR Indonesia dan India"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)