Kamis, 28 Okt 2021 17:00 WIB

Viral Ada Sertifikat Vaksin COVID-19 Milik Adolf Hitler, Ini Faktanya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
NULL Viral sertifikat vaksin COVID-19 atas nama Adolf Hitler. (Foto: dok. Thinkstock)
Jakarta -

Viral kode sertifikat vaksin COVID-19 atas nama Adolf Hitler di aplikasi kesehatan milik pemerintah Belanda. Bila kode sertifikat ini dipindai, aplikasi akan menunjukkan hasil 'negatif'.

Berdasarkan laporan RTL Nieuws, kode ini tetap menunjukkan hasil 'negatif' meski pemilik nama diktator ternama itu sudah meninggal. Hal mengejutkan lainnya, tanggal lahir yang muncul merupakan hari saat Hitler lahir, yaitu 1 Januari 1900.

Penemuan aneh ini mendorong pihak Kementerian Kesehatan Belanda untuk menyelidikinya. Mereka mencari tahu bagaimana bisa seseorang berhasil membuat kode sertifikat vaksin COVID-19 menggunakan data Adolf Hitler.

Dikutip dari Dutch News, pihak RTL Nieuws berhasil menghubungi penipu yang membuat sertifikat tersebut. Dalam pengakuannya, ia menjual kode QR Prancis dan Polandia imitasi seharga €300 atau sekitar Rp 4,9 juta.

Aplikasi tersebut berlaku di Belanda, di bawah skema timbal balik Uni Eropa.

Hal ini tentunya membuat resah para pejabat di Kementerian. Mereka khawatir oknum tersebut mungkin sudah mempunyai 'kunci pribadi' yang digunakan untuk membuat kode sandi digital.

Artinya, semua kode QR yang dikeluarkan oleh negara yang terkena dampak mungkin harus tidak diberlakukan lagi.



Simak Video "Sertifikat Vaksin Covid-19 di PeduliLindungi Eror? Coba Lakukan Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)