Kamis, 28 Okt 2021 18:45 WIB

Satgas Tegaskan Corona AY.4.2 Bukan Varian Baru, Terus Apa Dong?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jakarta -

Seiring membaiknya pandemi COVID-19, RI waswas soal masuknya varian baru virus Corona yakni AY.4.2. Varian ini sempat disebut-sebut memiliki kemungkinan kabur dari vaksin COVID-19. Satgas Penanganan COVID-19 menegaskan, AY.4.2 ini sebenarnya bukanlah varian baru.

"AY bukan varian baru, namun bagian dari varian Delta yang mengalami perubahan atau mutasi tambahan. Jenis varian AY dari mutasi Delta ini cukup beragam, yaitu AY1 hingga AY28," terang juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers virtual," Kamis (28/10/2021).

Ia menegaskan disebabkan keberagaman tersebut, hingga kini belum ada kepastian soal karakteristik varian AY.4.2, termasuk perihal kemampuannya menghindari kerja vaksin COVID-19.

"Kita belum bisa mengetahui apakah berbagai jenis varian Delta ini memiliki karakteristik khusus yang dapat mempengaruhi laju penularan, keparahan gejala maupun vaksinasi karena studi terkait hal tersebut masih berlangsung," imbuh prof Wiku.

Terakhir ia menjelaskan, untuk mencegah masuknya varian AY.4.2 ke RI, pemerintah mengupayakan sejumlah langkah untuk mencegah masuk atau pembentukan mutasi virus Corona baru. Tak lain dengan pemberlakuan karantina pada pelaku perjalanan luar negeri yang baru tiba di RI, penerapan 3M, 3T, dan penggencaran vaksinasi COVID-19.

(vyp/up)