ADVERTISEMENT

Senin, 01 Nov 2021 08:34 WIB

Sempat Bebas Pandemi, Negara Ini Akhirnya Laporkan Kasus Pertama COVID-19

Firdaus Anwar - detikHealth
Tonga Foto: (Getty Images/iStockphoto/mdurinik)
Jakarta -

Tonga merupakan salah satu negara di dunia yang selama ini diketahu bebas dari pandemi COVID-19. Sampai akhirnya otoritas setempat dalam beberapa hari terakhir menemukan kasus pertama COVID-19 mereka.

Perdana Menteri Tonga, Pohiva Tu'i'onetoa, memberi peringatan kemungkinan akan adanya lockdown untuk mencegah penyebaran virus. Negara kepulauan dengan populasi lebih dari 100.000 penduduk tersebut baru memiliki cakupan vaksinasi kurang dari sepertiga warganya.

Orang yang terdeteksi positif COVID-19 di Tonga diketahui baru saja melakukan perjalanan dari Selandia Baru. Kementerian Kesehatan Selandia Baru memberi penjelasan bahwa yang bersangkutan sudah melakukan tes COVID-19 sebelum ke luar negeri dengan hasil negatif.

"Kemungkinan virus butuh waktu tiga hari untuk berkembang di tubuh seseorang sebelum bisa menular... Kita harus gunakan waktu ini untuk bersiap-siap bila nanti ada orang lainnya yang juga terkonfirmasi," kata Pohiva seperti dikutip dari BBC, Senin (1/11/2021).

COVID-19 memang belum pernah dilaporkan ada di beberapa negara kepulauan Polinesia. Selain itu, negara seperti Turkmenistan dan Korea Utara juga belum melaporkan kasus COVID-19.



Simak Video "Kasus Harian Covid-19 Jepang Tembus 100.000"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT