Kamis, 04 Nov 2021 05:30 WIB

Round Up

Dikaitkan dengan Meninggalnya Hanna Kirana, Ini 5 Fakta Penyakit Jantung

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth

3. Benarkah wanita lebih rendah risiko gagal jantung karena terlindungi hormon estrogen?

dr Ayu membenarkan pernyataan tersebut. Kendati demikian, ia meluruskan bahwa hal tersebut berlaku untuk penyakit jantung koroner. Sebagai informasi, terdapat berbagai jenis penyakit jantung. seperti, penyakit jantung bawaan, kelainan otot jantung, penyakit katup jantung, sampai kelainan listrik jantung.

"Wanita yang gaya hidupnya baik dan tidak memiliki komorbid memiliki risiko lebih kecil karena estrogen itu untuk kasus penyakit jantung koroner," papar dr Ayuthia.

"Karena estrogen melindungi pembuluh darah lebih elastis dan permukaanya rata, sehingga risiko untuk terjadinya penumpukan plak berkurang," lanjutnya.

4. Apa bedanya dengan henti jantung?

Henti jantung atau cardiac arrest terjadi ketika jantung berhenti memompa darah dengan efektif. Kondisi ini disebabkan berbagai macam hal, termasuk gagal jantung dan yang paling sering adalah serangan jantung (heart attack).

5. Serangan jantung

Meksi kerap dianggap sama dengan henti jantung, pada dasarnya kedua hal tersebut berbeda. Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke jantung tersumbat. Beberapa penyebabnya bisa karena lemak, kolesterol, yang menumpuk dan membentuk plak di pembuluh darah arteri.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(up/up)