Jumat, 05 Nov 2021 16:05 WIB

Inggris Setujui Obat Oral COVID-19 Molnupiravir, RI Kapan Nyusul?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Molnupiravir tengah disorot karena disebut sebagai obat oral COVID-19 pertama di dunia. Sejumlah negara pun tengah mengincar obat ini, salah satunya Indonesia. Foto: AP Photo/Mel Evans, File
Jakarta -

Inggris menjadi negara pertama yang akhirnya menyetujui penggunaan obat COVID-19 besutan perusahaan farmasi Merck, molnupiravir. Badan Pengatur Obat dan Produk Kesehatan Inggris (MHRA) merekomendasikan obat ini untuk mereka dengan COVID-19 gejala ringan hingga sedang.

Selain itu, obat COVID-19 ini juga akan diberikan pada pasien COVID-19 yang memiliki komorbid. Beberapa penyakit komorbid itu seperti obesitas, diabetes usia tua, hingga penyakit jantung.

"Obat ini akan diberikan setelah tes COVID-19 positif dan dalam waktu lima hari sejak timbulnya gejala," tulis regulator tersebut, dikutip dari Reuters.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia?

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan kehadiran obat COVID-19 ini di Indonesia masih berproses di Kimia Farma.

"Untuk molnupiravir sambil proses ya oleh Kimia Farma," kata dr Nadia saat dihubungi detikcom, Jumat (5/11/2021).

Hingga berita ini diturunkan, pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Kepala BPOM Penny K Lukito dan juru bicara vaksinasi COVID-19 BPOM Lucia Rizka Andalusia, tidak memberikan tanggapan terkait obat COVID-19 molnupiravir.

Meski begitu, beberapa waktu lalu Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa Indonesia bakal memiliki molnupiravir di akhir tahun. Ini dilakukan sebagai salah satu upaya jika Indonesia kembali diterpa gelombang COVID-19.

"Kami mendampingi Pak Menkomarinvest berkunjung ke Merck di Amerika Serikat dan kami sudah sampai ke tahap finalisasi dari agreement agar Indonesia bisa mengadakan tablet Molnupiravir diusahakan di akhir tahun ini," ujarnya dalam konferensi pers virtual terkait evaluasi PPKM, Senin (25/10/2021).



Simak Video "Inggris Negara Pertama yang Gunakan Molnupiravir Sebagai Obat Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)