ADVERTISEMENT

Jumat, 05 Nov 2021 18:01 WIB

Nyeri Perut Dikira Menopause, Ibu Ini Meninggal Digerogoti Kanker Pankreas

Vidya Pinandhita - detikHealth
Close up hand of elderly patient with intravenous catheter for injection plug in hand during lying in hospital ward room Foto: iStock

Berdasarkan data yang dirilis hari ini, bertepatan dengan awal Bulan Kesadaran Kanker Pankreas (Pancreatic Cancer Awareness Month), hampir sepertiga orang di Inggris menunggu tiga bulan atau lebih untuk akhirnya mencari bantuan dokter. Sebab, mereka tidak mengalami gejala sebagaimana kanker mematikan pada umumnya.

Ditambah, pandemi membuat banyak orang mengurungkan niat untuk bertemu dokter di rumah sakit, 31 persen orang mengaku, akan menunda pencarian bantuan gara-gara pandemi.

Diketahui, gejala kanker pankreas yang tidak jelas membuat para pasien kerap tidak terdeteksi sampai terlanjur menyebar ke area lain di tubuh. Sekitar 80 persen pasien baru terdiagnosis kanker pankreas saat sudah memasuki stadium lanjut dan terlambat untuk pengobatan.

Siapa pun yang mengalami satu atau lebih gejala yang paling umum seperti sakit punggung, gangguan pencernaan, sakit perut, dan penurunan berat badan selama lebih dari empat minggu harus segera menghubungi dokter.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Kanker Serviks, Kanker Reproduksi Wanita yang Bisa Dicegah"
[Gambas:Video 20detik]

(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT