Sabtu, 06 Nov 2021 09:00 WIB

Singgung Sopir Vanessa Angel, Roy Suryo Ingatkan Bahaya Main HP Saat Mengemudi

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Roy Suryo menghadiri pemakaman Vanessa Angel (Nahda Rizki Utami/detikcom). Foto: Roy Suryo menghadiri pemakaman Vanessa Angel (Nahda Rizki Utami/detikcom).
Jakarta -

Tanggapi soal kecelakaan maut yang menewaskan Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Ardiansyah, pakar telematika Roy Suryo mengingatkan bahaya selfie dan mengambil gambar saat sedang menyetir.

Ditemui saat prosesi pemakaman mendiang Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah, Jumat (5/11/2021), Roy Suryo sempat menyampaikan analisisnya terkait kecelakaan tersebut. Ia meragukan dugaan sopir mengantuk saat mengemudi dan memicu hilang kendali.

Menurutnya, sang sopir, Tubagus Joddy sempat mengunggah Instastory 44 menit sebelum kecelakaan maut terjadi, dalam kondisi mengemudi dengan kecepatan tinggi. Roy pun mengingatkan tentang bahaya mengambil gambar saat sedang mengemudi.

"Sekali lagi moga-moga ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua, tolong kalau mau ber-selfie pakailah peralatan yang benar," ucap Roy.

Selain itu, ia juga menyarankan bagi pengendara untuk menggunakan alat bernama CDVR jika ingin mengambil gambar atau selfie saat sedang mengemudi. Alat ini dapat merekam dari dalam mobil ataupun dari luar mobil.

"Berselfie di mobil pakailah yang namanya CDVR. CDVR itu Car Digital Video Recorder yang biasa dipasang di spion," sarannya.

Sementara itu, Roy juga menyampaikan keraguannya dengan pernyataan yang menyebut driver diduga mengantuk saat berkendara. Roy menjelaskan saat Joddy mengunggah Instastory sebelum kecelakaan terjadi, Joddy mengemudi dengan kecepatan tinggi.

Jika memang sang sopir mengemudi dalam kondisi mengantuk, seharusnya kecepatan berkendara dalam kondisi pelan.

"Nah kalau saya hitung astagfirullah kecepatannya cukup tinggi 159 km per jam, itu rata-rata. Bisa jadi suatu saat bisa lebih dari 170 atau 180," beber dia saat menyambangi proses pemakaman almarhumah Vanessa Angel dan almarhum Bibi, Jumat (5/11/2021).

Roy mencoba menyimpulkan bahwa ada dua kemungkinan yang dialami pengemudi, yakni mengalami kelelahan dan mengalami microsleep.

"Ada yang mungkin mengatakan fatigue itu blank di tengah jalan karena yang namanya microsleep jadi dia tiba-tiba blank karena capek di tengah jalan," jelas Roy.

"Atau dia karena sedang memegang handphone dan itu sudah terbukti karena di sempat mengunggah 44 menit sebelum kecelakaan itu menjadi fatal," ujarnya.

Simak video 'Keluarga Terus Kawal Kasus Kecelakaan Vanessa Angel dan Bibi':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/kna)