ADVERTISEMENT

Selasa, 09 Nov 2021 06:28 WIB

e-Life

Salah-Benar Tomat Bisa Kurangi Risiko Kanker Prostat

dtv - detikHealth
Jakarta -

Tomat dipercaya bisa meminimalisir risiko kanker prostat. Nyatanya hal ini tidak sepenuhnya salah, namun bukan berarti tomat adalah satu-satunya bahan makanan yang bisa menghindarkan seseorang dari kanker prostat.

Menurut Dokter Spesialis Urologi, dr. Agus Rizal A. H. Hamid, SpU(K), PhD, penelitian yang mendasari anggapan tersebut berasal dari Italia. Di Italia, masyarakatnya gemar mengkonsumsi tomat yang menyehatkan.

"Ya itu sebenarnya dari suatu penelitian di Italia, dan kita tahu di Italia itu kan orang nya senang makan tomat, kan makan pasta pakai tomat, makan pizza. Nah ternyata di kandungan tomat itu merupakan buah atau sayuran itu kan sehat," jelas dokter yang biasa disapa dr. Rizal ini pada acara e-Life detikcom.

Namun, sebenarnya yang bisa menghindarkan seseorang dari kanker prostat adalah pola hidup yang sehat dan seimbang. Sehingga, selama kebutuhan nutrisi dari makanan tercukupi, risiko kanker prostat akan berkurang.

"Bisa aja buah-buah yang lain yang bisa dimakan oleh-oleh para penderita atau detikers untuk mencegah kanker prostat itu sangat bagus. Jadi data terakhir menunjukkan bahwa porsi buah atau sayuran yang lebih banyak itu menurunkan risiko terjadi kanker prostat," lanjut dr. Rizal.

Bagi Anda yang tidak menyukai tomat, tidak perlu memaksakan diri mengonsumsinya demi terhindar dari kanker prostat. Terdapat banyak pilihan buah dan sayur lain yang juga sehat yang juga bisa dikonsumsi.

"(Mengonsumsi tomat) bukan hal yang jelek kalau memang Anda pecinta tomat, mau makan tomat setiap hari bagus. Karena lebih baik makan tomat setiap hari daripada nggak makan buah sama sekali. Tapi juga jangan dipaksa. Orang yang nggak suka makan tomat akhirnya dipaksa makan tomat, nanti akhirnya akan membuat stres. Yang penting, konsep utamanya adalah kita makan buah," terang dr. Rizal.

(gah/gah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT