Selasa, 09 Nov 2021 10:30 WIB

Remaja Selamat dari Penculikan Pedofil Berkat Video Viral TikTok, Ini Kisahnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Stop Child Violence and Trafficking. Stop Violence Against Children, child bondage in angle image blur , Human Rights Day concept. Remaja selamat dari penculikan pedofil berkat video TikTok. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Tinnakorn Jorruang)
Jakarta -

Seorang remaja berusia 16 tahun berhasil selamat dari penculikan pedofil berkat video yang ditontonnya di TikTok. Bagaimana bisa?

Dilaporkan BBC, gadis tersebut membuat sinyal, semacam gestur tangan yang awalnya dirancang untuk membantu korban kekerasan dalam rumah tangga, kepada para pengemudi yang lewat.

Seorang pengemudi, yang kebetulan mengenali gestur tersebut sebagai tanda bahaya segera melapor polisi. Penelepon mencatat bahwa gadis itu "tampaknya dalam kesulitan" dan sedang berada bersama laki-laki yang lebih tua.

"Seorang penumpang wanita di dalam kendaraan membuat gerakan tangan yang dikenal di platform media sosial TikTok untuk mewakili kekerasan di rumah, tanda butuh bantuan dalam kekerasan dalam rumah tangga," kata Kantor Sheriff Kabupaten Laurel dalam sebuah pernyataan.

Gadis itu ternyata memang dalam pencarian polisi setelah orang tuanya melaporkan keberadaannya yang hilang. Gadis malang itu dilaporkan hilang pada Selasa (2/11) pagi dan berhasil ditemukan dua hari setelahnya.

Dia mulai membuat gestur yang dipelajarinya di TikTok ketika mereka mengemudi kembali ke North Carolina di Interstate 75. Di situlah pengemudi lain yang juga menonton video viral itu menyadari gadis itu dalam bahaya.

Gadis yang tidak disebutkan namanya itu, mengatakan kepada petugas bahwa dia telah melakukan perjalanan melalui North Carolina, Tennessee, Kentucky, dan Ohio. Polisi kemudian menangkap James Herbert Brick, 61, dari Cherokee, North Carolina, saat dia mengemudi di dekat jalan raya Kentucky pada Kamis sore.

Petugas dengan cepat menangkap Brick dan juga menemukan telepon miliknya 'yang diduga menggambarkan seorang wanita remaja secara seksual.' Brick didakwa dengan penculikan dan kepemilikan pornografi anak dan dipenjara di Laurel County Correctional Center.

Gestur meminta bantuan

Gerakan tangan ini adalah tanda yang dapat digunakan seseorang saat dalam kesulitan, menurut Canadian Women's Foundation.

Selanjutnya
Halaman
1 2