Selasa, 09 Nov 2021 15:30 WIB

4 Vaksin Corona Buatan RI Bakal Segera Diproduksi, Ada Vaksin Merah Putih!

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Program vaksinasi massal di Tangerang terus dilakukan. Vaksinasi COVID-19 kini sasar orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan individu berkebutuhan khusus (IBK). Deretan vaksin COVID-19 yang bakal diproduksi di Indonesia. (Foto: Grandyos Zafna)

Vaksin Zifivax

Adapun vaksin ketiga yang siap diproduksi di Indonesia pada tahun 2022 mendatang adalah vaksin Zifivax. Vaksin rekombinan protein subunit ini adalah hasil kerja sama antara Bio Farma dan Anhui Zheifei Longcom Biopharmaceutical yang sudah mendapatkan EUA dari BPOM.

Menurut Penny, vaksin ini sudah melalui uji klinis di Indonesia dan dipastikan memiliki komponen dalam negeri yang dikelola di fasilitas Jakarta Biopharmaceutical (J-Bio).

"Akan ada produksi fill and finish dengan PT Biotis sekitar Februari 2022," katanya.

Vaksin ARCov

Vaksin COVID-19 terakhir yang bakal diproduksi di Indonesia adalah vaksin ARCov. Vaksin ini dikembangkan oleh PT Etana Biotech yang bekerja sama dengan Walfax Abogen berplatform mRNA.

"Pada Februari 2022 harapannya akan ada fill and finish dengan bahan baku impor dan jangka panjang akan produksi hulu sampai ke hilir di PT Etana," pungkasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Tantangan Peneliti Unair dalam Kembangkan Vaksin Merah Putih"
[Gambas:Video 20detik]

(sao/up)