Rabu, 10 Nov 2021 17:52 WIB

10 Obat Flu Alami Bisa Redakan Batuk Pilek, Boleh Banget Dicoba!

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
5 Teh Herbal Penambah Imunitas Ini Bagus Dikonsumsi Saat Pandemi Ilustrasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Maya23K

4. Madu

Madu memiliki sifat antimikroba, yang memungkinkannya melawan beberapa bakteri dan virus. Sebuah penelitian menemukan, madu efektif meredakan batuk sebagai gejala flu pada anak di atas usia 1 tahun. Namun, anak-anak di bawah 1 tahun tidak boleh mengonsumsi madu karena risiko botulisme pada bayi. Cara mengonsumsi madu sebagai obat flu dengan mencampurkan madu ke dalam air panas untuk meredakan sakit tenggorokan atau batuk.

5. Bawang putih

Bawang putih telah lama digunakan sebagai obat rumahan untuk mengobati flu. Pasalnya, bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu melawan flu. Cara mengonsumsinya bisa dengan memakan bawang putih mentah, atau memasukkan bawang putih matang ke dalam makanan.

6. Mentol

Menthol berasal dari berbagai jenis tanaman mint yang memiliki efek antibakteri dan penghilang rasa sakit. Cara menggunakannya sebagai obat flu dengan menambahkan mentol ke air panas untuk menghirup uap. Sebuah studi pada 2013 menemukan, inhalasi mentol membantu mengurangi batuk, tetapi dibutuhkan lebih lanjut tentang efektivitasnya dalam membersihkan saluran udara yang tersumbat.

7. Probiotik

Probiotik merupakan bakteri hidup yang mendukung kesehatan usus dan dapat membantu mencegah orang terkena pilek atau flu. Penelitian menemukan, probiotik membantu melindungi sistem kekebalan terhadap virus flu. Beberapa makanan yang mengandung probiotik, di antaranya yogurt, kol parut, sup kedelai jepang dan tempe.

8. Ginseng

Ginseng membantu mengurangi gejala flu, meskipun penelitian telah memberikan hasil yang beragam tentang efektivitasnya. Salah satu ginseng yang terbukti secara ilmiah mengurangi risiko dan lama gejala flu pada orang dewasa adalah ginseng Amerika Utara. Ginseng dapat dikonsumsi dengan mentah atau meminumnya dalam bentuk kapsul atau teh herbal.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "KuTips: Terapi Rendam Kaki dengan Air Garam, Bikin Relaks!"
[Gambas:Video 20detik]