Rabu, 10 Nov 2021 18:31 WIB

Suka-Duka Tugas di Wisma Atlet, dr Clarin Hayes Sampai Harus Pakai Diapers

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
dokter yang sekaligus merangkap jadi selebgram Clarin Hayes terus memberikan edukasi dibidang kesehatan dan kecantikan di bilangan Serpong, Tangerang, Banten. Clarin Hayes. Foto: Rachman_punyaFOTO
Jakarta -

Dokter sekaligus influencer dr Alexandra Clarin Hayes membagikan pengalamannya selama bekerja sebagai relawan di Wisma Atlet. Dokter muda yang rutin membuat konten seputar isu kesehatan di media sosialnya mengaku harus memakai pampers selama bertugas.

Pengalaman ini ia sampaikan dalam dialog produktif, Rabu (10/11/2021). Dalam kesempatan itu, dr Clarin bercerita bahwa dirinya harus menggunakan pampers dan berhenti makan serta minum 2 jam sebelum bertugas.

Hal ini dilakukan tenaga kesehatan untuk menyiasati agar selama bertugas tidak perlu ke toilet untuk buang air. Pasalnya, nakes harus melepas Alat Pelindung Diri (APD) dan menggantinya dengan yang baru. Sementara pada saat itu jumlah APD masih terbatas.

"Kalau dulu kan APD-nya masih jarang banget, masih cukup langka pada 2020 pertengahan, jadi kita komitmen banget kalau misalnya udah masuk shift jaga, jangan izin ke toilet, jangan di lepas karena itu udah pasti harus dibuang," bebernya.

Selain itu, setiap 2 jam sebelum bertugas dr Clarin juga berhenti makan dan minum sehingga dirinya tidak pernah mengalami urgensi untuk buang air selama bertugas.

"Syukurnya enggak pernah buang air on the spot sih karena kurang lebih 2 jam sebelumnya udah berhenti makan dan minum," imbuh dr Clarin.

Selama bertugas menjadi relawan tenaga kesehatan di Wisma Atlet, dr Clarin mengungkapkan peraturan yang diterapkan bagi nakes cukup ketat. Dalam satu hari ia bertugas selama 8 jam.

Kendati demikian, proses desinfeksi nakes usai bekerja bisa memakan waktu 1 sampai 2 jam sehingga kurang lebih ia menghabiskan waktu sampai 9 jam. Ia pun mengungkapkan rasa bangganya terhadap nakes yang bekerja keras selama pandemi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ada yang Buat WHO Meragu soal Sirkulasi Covid-19 di Dunia Saat Ini"
[Gambas:Video 20detik]