Senin, 15 Nov 2021 05:00 WIB

Mantap Pak Anies! DKI Borong Penghargaan Soal COVID-19 dari Kemenkes

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Penyemprotan disinfektan dilakukan sebagai upaya cegah penyebaran corona. Area ruang publik seperti halte bus TransJakarta jadi sasaran penyemprotan disinfektan Ilustrasi COVID-19 (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI resmi memberikan penghargaan penanganan atau respons COVID-19 kepada DKI Jakarta. Adapun kategorinya adalah pelaksanaan tes lacak dan isolasi, penerapan protokol kesehatan COVID-19 hingga pelaksanaan vaksinasi Corona terbaik.

"Pencapaian ini terwujud atas peran serta seluruh pihak, baik tenaga kesehatan, dukungan Pemerintah Pusat dan Daerah, serta yang terpenting partisipasi aktif dari masyarakat yang ingin meningkatkan derajat kesehatan," tutur Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Pusat, pada Sabtu (13/11/2021).

DKI Jakarta dinilai paling baik dalam menemukan kasus aktif COVID-19. Terutama menyisir infeksi Corona di daerah-daerah berisiko tinggi.

Penelusuran kasus COVID-19 bukan cuma dilakukan di mal, tetapi di sekolah, pasar, tempat usaha, hingga perkantoran. Pencarian kasus aktif juga dilakukan kala sekolah tatap muka digelar di Jakarta Timur, mencapai 18 persen, di atas target Kemenkes yaitu 10 persen.

Salah satu yang paling disorot ialah cakupan vaksinasi COVID-19. Sasaran target yang paling tinggi tercapai ialah Puskesmas Penjaringan Jakarta Utara. Puskesmas Penjaringan Jakarta Utara termasuk pioner pelaksanaan vaksinasi malam hari dan percepatan vaksinasi bagi para nelayan serta warga pesisir di hari Sabtu dan Minggu.

"Adapun total vaksinasi di Puskesmas Penjaringan Jakarta Utara untuk dosis 1 sebanyak 202.898 orang dan vaksinasi dosis 2 sebanyak 169.484 orang," demikian keterangan tertulis Dinkes DKI Jakarta.

Sementara, dalam kategori penghargaan protokol kesehatan COVID-19, DKI Jakarta dinilai sigap dalam menjalankan peran Satgas untuk memastikan kedisiplinan masyarakat. Selain itu, warga DKI juga bisa terus memantau perkembangan kasus COVID-19 di ibu kota berdasarkan situs corona.jakarta.go.id, masuk ke dalam penilaian transparansi penanganan COVID-19.

DKI juga mendapat penghargaan untuk Indeks Keluarga Sehat.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]