ADVERTISEMENT

Selasa, 16 Nov 2021 11:04 WIB

10 Obat Sakit Perut Ala Rumahan Tanpa Efek Samping, dari Air sampai Nasi!

Vidya Pinandhita - detikHealth
Abdominal pain patient woman having medical exam with doctor on illness from stomach cancer, irritable bowel syndrome, pelvic discomfort, Indigestion, Diarrhea, GERD (gastro-esophageal reflux disease) Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong

4. Air kelapa

Air kelapa sempat ramai disebut-sebut bisa membasmi virus Corona. Namun dokter spesialis gizi klinik dr Sheena RA, M.Gizi, SpGK meluruskan, air kelapa tak terbukti bisa menyembuhkan COVID-19. Namun memang di samping itu, air kelapa dipercaya manjur menjadi obat sakit perut diare.

"Air kelapa memang memiliki kandungan yang baik seperti karbohidrat, protein, serta, dan beberapa vitamin serta mineral. Air kelapa juga merupakan sumber elektrolit yang baik sehingga bagi pasien COVID-19 yang mengalami mual, muntah, atau pun diare, air kelapa dapat dijadikan sebagai pengganti air dan elektrolit," jelas dr Sheena dalam sebuah diskusi daring.

5. Teh kamomil

Beberapa orang terbiasa minum teh manis hangat saat sakit perut. Di samping itu, teh kamomil bisa menjadi pilihan obat sakit perut. Lantaran mengandung sifat antiradang, konsumsi teh kamomil dipercaya dapat membantu meredakan sakit perut kembung hingga kram saat menstruasi.

6. Madu

Beberapa orang gemar mencampurkan teh hangat dengan sesendok madu untuk obat sakit perut. Rupanya berdasarkan riset yang dipublikasikan oleh Indian Journal of Medical Research 2013, madu efektif menjadi obat sakit perut alami.

Beberapa manfaat madu mencakup tinggi antioksidan, antiradang, dan bisa melindungi selaput lendir.

7. Mint

Selain mempersegar nafas, mentol dalam mint dipercaya bisa mencegah muntah dan diare, serta rasa sakit pada perut. Dikutip dari Medical News Today, peneliti menemukan bahwa di Iran, Pakistan, dan India, mint adalah obat tradisional untuk masalah pencernaan seperti diare dan kembung.

Daun mint boleh dikonsumsi matang atau mentah sebagai obat sakit perut. Secara tradisional, daun mint biasa diolah dengan kapulaga untuk dijadikan teh. Selain itu, permen mint juga diandalkan sebagai obat sakit perut meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat mulas.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Dokter Spesialis Sebut Mag Tak Menyebabkan Kematian"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT