Selasa, 16 Nov 2021 17:00 WIB

Ini Eks Wakil PM China yang Terlibat Skandal Seks dengan Atlet Tenis

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
BEIJING, CHINA - MARCH 16:  Chinas newly-elected Vice Premier Zhang Gaoli attends the sixth plenary meeting of the National Peoples Congress at the Great Hall of the People on March 16, 2013 in Beijing, China. The new lineup of Chinas State Council, nominated by Premier Li Keqiang, was endorsed by lawmakers at the ongoing national legislative session Saturday afternoon.  (Photo by Feng Li/Getty Images) Zhang Gaoli. (Foto: Getty Images/Feng Li)
Jakarta -

Nama Zhang Gaoli ramai diperbincangkan setelah terseret kasus kekerasan seksual dengan seorang petenis Peng Shuai.

Sekitar awal bulan lalu, Peng Shuai mengungkap bahwa ia mengalami pelecehan seksual oleh mantan Wakil Perdana Menteri China Zhang Gaoli.

Peng belum terlihat di depan umum sejak tuduhan itu dan keberadaannya belum diungkapkan kepada publik. Akun Weibo miliknya, yang memiliki lebih dari setengah juta pengikut, masih diblokir dari para pencari di platform tersebut.

Dikutip dari SCMP, Zhang Gaoli, pria yang lahir tahun 1946, awalnya adalah seorang ekonom dan pernah menjabat di perusahaan minyak milik negara di Guangdong pada 1980-an. Karirnya mulai menanjak ketika ia menjadi Wakil Gubernur Guangdong pada 1988 dan Ketua Partai di Pusat Kekuatan Ekonomi Shenzhen pada 1998.

Zhang juga sempat mengemban posisi tinggi dalam pemerintahan dan politik di wilayah Shandong dan Tianjin. Zhang menjabat sebagai Gubernur provinsi Shandong dari 2002 hingga 2003.

Dia menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri senior Republik Rakyat China antara 2013 dan 2018 dan sebagai anggota Komite Tetap Politbiro Partai Komunis China.

Sosok Zhang dinilai sebagai orang yang jarang muncul di hadapan publik, atau memberikan pidato. Di China, posisi setinggi Zhang sulit didekati dan cenderung tertutup sehingga sulit dimintai keterangan atas kasus skandalnya.



Simak Video "Saran Psikolog Bagi Para Korban Pelecehan Seksual"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)