Rabu, 17 Nov 2021 19:07 WIB

Brasil Mulai Beri Vaksin Booster ke Warga 18+ yang Sudah Disuntik 5 Bulan Lalu

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
1248769314 Foto: Pedro Vilela/Getty Images
Jakarta -

Semua warga Brasil yang sudah menerima vaksin COVID-19 lengkap lima bulan lalu, akan diberikan vaksinasi booster. Menteri Kesehatan Brasil menyampakan hal tersebut pada Selasa (16/11/2021).

"Semua warga Brasil berusia di atas 18 tahun yang memenuhi syarat bisa mendapatkan suntikan booster, untuk melawan COVID-19," sebut Menkes Brasil Marcelo Queiroga, dikutip dari Xinhua News.

"Berkat informasi yang kami dapatkan dari studi ilmiah, kami telah memutuskan untuk memperluas suntikan booster ke semua orang di atas 18 tahun yang menerima dosis kedua lima bulan lalu," kata Queiroga.

Sebelumnya, vaksinasi booster hanya diberikan untuk 60 tahun ke atas. Khususnya mereka yang memiliki sistem kekebalan lemah. Para tenaga kesehatan juga menjadi prioritas vaksinasi booster.

"Lebih dari 12,4 juta orang Brasil memenuhi syarat untuk menerima suntikan booster," menurut data dari Kementerian Kesehatan.

Hingga Selasa, Kementerian Kesehatan Brasil melaporkan total lebih dari 21 juta kasus COVID-19 yang dikonfirmasi dan lebih dari 611 ribu kematian akibat COVID-19 sejak awal pandemi di negara tersebut.

Bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia rencananya memberikan vaksinasi booster kepada para lansia. Targetnya bisa diberikan tahun depan, tetapi jenis vaksin COVID-19 yang dipakai belum bisa dipastikan.

Hanya kelompok peserta BPJS Kesehatan yang biaya vaksinasinya tidak ditanggung pemerintah. Lainnya, perlu membayar vaksinasi booster dan dikabarkan bisa bebas memilih jenis vaksin COVID-19 yang diinginkan.



Simak Video "Apakah Suntikan Booster Efektif Lawan Varian Baru Covid-19?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)