Jumat, 19 Nov 2021 07:01 WIB

Begini Cara Atasi Malas karena WFH Selama Masa Pandemi COVID-19

Sponsored - detikHealth
Samco Foto: Samco
Jakarta -

Pandemi COVID-19 menyebabkan transisi yang amat besar terhadap kehidupan dan cara kita menjalankan aktivitas sehari-hari. Orang-orang yang dulunya bekerja dari kantor kini harus melakukan pekerjaan mereka secara work from home (WFH).

Bekerja dari rumah memang terdengar mengasyikan. Akan tetapi, lingkungan kerja yang monoton dan godaan untuk bersantai malah lambat laun bisa membuat pelaku WFH menjadi malas. Parahnya lagi, kebiasaan malas ini terbawa saat kembali bekerja di kantor. Hal ini tentunya tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena rasa malas tersebut dapat mempengaruhi motivasi dan produktivitas kerja.

Lantas bagaimana cara untuk tetap bersemangat dan produktif bekerja selama masa pandemi ini? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips-tips yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi rasa malas.

1. Tidur dan Istirahat yang Cukup

Salah satu penyebab malas saat bekerja adalah kondisi fisik yang terlalu lelah. Untuk mengatasinya, kamu harus memastikan tubuh mendapatkan tidur serta istirahat yang cukup dan teratur. Tidur dan istirahat yang cukup di malam hari akan membuat tubuh menjadi bersemangat dan siap untuk menghadapi aktivitas di keesokan harinya.

2. Biasakan Bangun Pagi

Dengan bangun lebih pagi, kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan aktivitas harian. Menurut tulisan di EachNight.com, perencanaan aktivitas yang teratur menunjang terhadap produktivitas karena kamu memiliki waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaan atau melakukan aktivitas lainnya.

3. Hindari Mengeluh dan Hargai Pekerjaan yang Dilakukan

Mengeluh adalah hal yang pantang untuk dilakukan saat bekerja. Sebab, dengan mengeluhkan pekerjaan yang dilakukan, lama kelamaan kamu akan kehilangan motivasi bekerja dan membenci pekerjaan kamu. Oleh karena itu, kamu harus senantiasa menghargai pekerjaan yang kamu miliki dan lakukan. Dengan begitu, setiap pekerjaan dapat dilakukan dengan ikhlas dan penuh semangat.

4. Buat Daftar Sederhana yang Realistis

Buatlah daftar sederhana untuk mengorganisir aktivitas yang akan kamu lakukan. Dengan memiliki daftar yang terorganisir, kamu dapat melakukan aktivitas harian dengan lebih bersemangat tanpa harus khawatir dikejar-kejar deadline atau ada pekerjaan yang bertabrakan. Menyelesaikan daftar pekerjaan juga akan meningkatkan motivasi untuk melakukan pekerjaan selanjutnya.

5. Konsumsi Makanan yang Sehat

Jenis makanan juga mempengaruhi perasaan malas yang kamu rasakan. Untuk mencegah kemalasan, konsumsi makanan-makanan berprotein tinggi seperti telur dan ikan, untuk membantu tubuh mempertahankan kadar gula darah yang lebih stabil serta mencegah merasakan naik turunnya energi sepanjang hari.

6. Konsumsi Suplemen dan Vitamin

Tubuh sangat memerlukan nutrisi dan vitamin. Salah satu vitamin yang penting untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar adalah vitamin C dan vitamin B Kompleks. Vitamin C efektif melindungi sistem kekebalan tubuh dan mencegah timbulnya berbagai penyakit, sedangkan vitamin B Kompleks dapat memproduksi tenaga sehingga otot memiliki cadangan energi untuk memperbaiki kerusakan di dalam tubuh. Keduanya kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh setiap orang, khususnya pekerja kantoran yang sering duduk di depan layar komputer untuk waktu yang lama.

Untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan, kamu bisa mengkonsumsi suplemen Samcorbex yang kaya akan kandungan vitamin C sebanyak 100 mg yang dapat membantu memenuhi asupan vitamin C harian dan juga aman untuk lambung. Samcorbex adalah multivitamin dari PT Samco Farma yang bisa membantu kamu meningkatkan daya tahan tubuh.

SamcoSamco Foto: Samco

Saat ini, Samcorbex bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia. Keduanya juga bisa didapatkan melalui distributor-distributor PT Samco Farma yakni, PT Merapi Utama Pharma, PT Daya Muda Agung, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi Sales Representative di nomor 087880779521.

Adapun bagi yang berada di luar Jabodetabek, produk ini bisa ditemukan pada distributor PT Cahaya Mutiara Farma untuk area Jawa Timur, PT Hapeel Pharmindo untuk area malang dan sekitarnya, PT Marrykha Mitra Mustika di Jawa Tengah, PT Kwatro mandiri Ekavisi di Jawa Barat, PT Mitra Bina Multi Sejahtera di Sumatera Utara, PT Talang Gugun Sari Nusantara di Sumatera Barat, PT Sinar Prima Lestari di Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi, PT Aditama Makmur Sentosa di Lampung, PT Nitijaya Cipta Makmur di Banjarmasin, dan PT Sehat Inti Permata di Bali dan Lombok.

(Content Promotion/Samco Farma)