ADVERTISEMENT

Jumat, 19 Nov 2021 18:35 WIB

Kisah Pekerja yang Jadi Pembersih di Lokasi Penularan COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi bersih-bersih hotel Foto: Getty Images/iStockphoto/Ilya Ginzburg

Tugas pekerja di zona merah COVID-19 adalah membersihkan fasilitas rumah perawatan lansia, tempat pasien terkena COVID-19 masih tinggal di sana. Petugas harus masuk ke dalam kamar pasien dan membersihkan seluruh bagian yang mungkin disentuhnya.

Kadang yang dilakukan adalah petugas pertama membersihkan, kemudian petugas kedua akan datang belakangan untuk melakukan hal yang sama.

"Rasanya aneh pergi ke sebuah tempat di mana kita tahu ada pasien yang sedang terbaring atau duduk di kamar tersebut," ujar Sam.

Aturan yang harus diikuti juga sangat ketat sekali. Tim kebersihan harus mengambil setidaknya 400 foto di tempat yang telah mereka bersihkan ketika selesai. Sam secara pribadi harus mengecek satu per satu foto sebelum menandatangani dokumen mengatakan pekerjaan sudah selesai.

Tim membersihkan tempat tersebut dan kemudian staf dari Departemen Kesehatan akan datang keesokan harinya untuk melakukan pengecekan.

"Lega rasanya bila kita mengunjungi pusat perbelanjaan atau supermarket dan kita tahu tempat tersebut baru saja dibersihkan dengan lebih teliti, meski yang melakukannya bukan dari perusahaan saya," jelasnya.

"Setelah dibersihkan kita jadi yakin tidak ada lagi virus di sana," pungkasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Kasus Harian Covid-19 Jepang Tembus 100.000"
[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT