Sabtu, 20 Nov 2021 17:02 WIB

China Lagi-lagi Temukan Obat COVID-19 yang Diklaim 'Super Manjur'

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi obat China lagi-lagi menemukan obat COVID-19 yang diklaim 'super manjur'. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

China kembali menemukan sebuah obat antibodi penetral untuk COVID-19. Obat ini dianggap manjur sebagai pengobatan pasien COVID-19 di pusat kesehatan.

Obat yang diberi nama DXP-604 ini dikembangkan oleh Singlomics Biopharmaceuticals dan tim yang dipimpin Profesor Xie Xiaoliang dari Universitas Peking. Mereka mengklaim obat ini ampuh dalam melawan segala varian dari COVID-19.

"DXP-604, obat antibodi penetral baru untuk mengobati COVID-19 yang telah disetujui untuk penggunaan pada pasien di Rumah Sakit Ditan Beijing, telah menunjukkan hasil yang baik dalam uji klinis fase 2," Science and Technology Daily melaporkan pada Kamis (18/11/2021).

Pada 2 November, obat tersebut telah diberikan pada 14 pasien di rumah sakit dengan gejala COVID-19 yang parah. Hasilnya menunjukkan, pada pasien yang menggunakan obat DXP-604, gejala umum COVID-19 yang dialaminya mulai berkurang.

"Ini adalah antibodi super yang kami cari," kata tim peneliti yang dikutip dari China Daily.

Tak hanya itu, obat DXP-604 sejauh ini menunjukkan kemanjuran dalam melawan semua varian yang ada saat ini. Menurut mereka, obat ini sangat tepat menetralkan semua varian Corona.

Sebelumnya, beberapa perusahaan China juga berhasil menemukan obat COVID-19, seperti Sinopharm. Perusahaan itu mengembangkan obat berdasarkan imunoglobulin manusia dan antibodi monoklonal relatif yang didapatkan dari plasma pasien Corona yang sudah sembuh.



Simak Video "Pfizer Klaim Obat Covid-19 Buatannya Turunkan Rawat Inap-Kematian"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)