Minggu, 21 Nov 2021 16:22 WIB

Heboh 'Kembar' Beda 6 Tahun di Sumenep, Apa Itu Frozen Embryo Transfer?

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Bayi kembar biasanya lahir dalam waktu yang relatif bersamaan. Namun, bayi kembar asal Sumenep, Madura ini memiliki jarak lahir 6 tahun. Kembar beda 6 tahun di Sumenep menggunakan frozen embryo transfer (FET) (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Pasutri asal Sumenep, Madura, Aisyah Fiyanti dan Rifki, sudah sejak lama berjuang untuk mendapatkan momongan. Pada akhir 2015 keduanya memutuskan untuk mengikuti program bayi tabung dan berhasil dikaruniai seorang putra melalui prosedur Frozen Embryo Transfer (FET).

Enam tahun kemudian, keduanya memutuskan untuk memberikan putra pertama mereka, Achmad Rifansyah atau Evan seorang adik melalui prosedur yang sama, sehingga disebut-sebut sebagai 'anak kembar' meski selisih usianya terpaut 6 tahun.

Program itu berhasil dan Aisyah dikaruniai anak keduanya yang diberi nama Khadijah Adzkiya pada 11 November 2021.

Kepada detikcom, Aisyah menceritakan bahwa program bayi tabung yang dijalaninya sempat gagal. Program yang dimulai sejak 2015 itu, menghasilkan 10 embrio. Tiga embrio pertama dimasukkan ke rahim Aisyah, tetapi gugur. Kemudian ia kembali berupaya dengan menanam 2 benih embrio dan berhasil mengandung anak pertama.

"Kita coba lagi dan berhasil lahir kakaknya pada 2016," ungkapnya.

Spesialis dokter kandungan, dr Boy Abidin, SpOG(K), yang berpraktik di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, menjelaskan apa yang dimaksud dengan prosedur Frozen Embryo Transfer (FET) yang dijalani Aisyah dan Rifki.

"Jadi yang disebut dengan Frozen Embrio Transfer (FET) itu adalah suatu proses di mana embrio yang dibekukan itu kita cairkan kembali," pungkas dr Boy, saat dihubungi Detikcom, Sabtu (21/11/2021).

"Tentunya sebelum kita tanam kita siapkan rahimnya untuk penanaman embrio tadi. Jadi, embrio yang sudah dicairkan tadi ditanamkan sehingga diharapkan embrio tersebut bisa hidup dan berkembang menjadi janin," paparnya.

Apa yang dimaksud embrio? Selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Lewat Bayi Tabung, Pasutri Bisa Pilih Jenis Kelamin Calon Bayi"
[Gambas:Video 20detik]