ADVERTISEMENT

Senin, 22 Nov 2021 18:28 WIB

Round up

Viral Sampah Mentimun di Bioskop, Kenapa Sih Ada yang Malas Buang Sampah?

Akbar Malik - detikHealth
Viral sampah mentimun di bioskop. Viral sampah mentimun di bioskop. (Foto: Tangkapan layar/Twitter)
Jakarta -

Kasus COVID-19 yang terus melandai membuat sejumlah aktivitas masyarakat di tempat umum melonggar. Salah satu sektor yang dibuka adalah mal dan bioskop. Jenuh di rumah, mencari hiburan dengan menonton film ke bioskop adalah pilihan banyak orang.

Ruang publik dalam bioskop ternyata membawa masalah baru. Di media sosial Twitter viral foto yang memperlihatkan sampah yang berserakan selepas film selesai ditayangkan. Pengunggah cuitan itu pun berkomentar pedas terhadap apa yang dilihatnya.

"Percuma bicaramu setengah Inggris setengah jaksel, percuma tasmu mahal yang aku gatau berapa harganya, kalo kelakuanmu di bioskop seperti ini," cuitnya pada Minggu (21/11/2021).

Banyak netizen justru berpikir bahwa mentimun itu dijadikan mainan seks saat menonton film. Temuan sampah mentimun pertama kali dilaporkan Daily Mail pada tahun 2017 di beberapa bioskop setelah pemutaran film 'Fifty Shades Darker'. Genre film dugaan netizen bisa jadi memiliki hubungan antara banyaknya sampah mentimun yang ditemukan di bioskop.

"Momen canggung saat kamu menemukan mentimun di bioskop usai sesi Fifty Shades," tulis akun resmi Hayden Orpheum Picture Palace, salah satu bioskop di Australia, beberapa waktu lalu.

Sampah seperti tempat popcorn atau bekas minuman mungkin bisa dikatakan wajar ditemukan di bioskop. Uniknya, tidak hanya sampah makanan saja yang ada, tapi sampai mentimun dan popok bayi. Siapa yang menduga bahwa mentimun akan jadi camilan sambil menonton film?

Selain itu, popok bayi pernah ditemukan petugas bioskop saat pemutaran film 'Avengers: End Game'. Dalam foto itu terlihat popok bayi yang tergeletak di deretan kursi bioskop.

Kenapa orang malas buang sampah?

Lee Chambers, seorang ahli psikologi lingkungan dari Essentialise Workplace Wellbeing menjelaskan perilaku orang yang malas buang sampah bisa disebabkan berbagai faktor. Ini bisa berkaitan dengan akses ke tempat sampah, kondisi lingkungan, dan norma yang diyakini.

"Pandangan Anda terhadap kondisi lingkungan memengaruhi pendekatan Anda saat membuang sampah. Seberapa yakinnya Anda pada suatu area agar asri atau seberapa pedulinya Anda pada suatu tempat akan berdampak terhadap kemungkinan orang-orang akan buang sampah sembarangan," papar Lee seperti dikutip dari Yorkshire Post.

"Jadi masalah ketika orang-orang menganggap lumrah meninggalkan sampah di tempat yang sudah kotor. Ini menjadi seperti bukti sosial dan membuat orang lain juga melakukan hal serupa, misalnya membiarkan sampah di pantai, karena pikiran 'sampah saya yang sedikit seharusnya tidak masalah karena banyak sampah yang lain,'" pungkasnya.



Simak Video "Kok Kamu Klepto Sih?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT