Selasa, 23 Nov 2021 05:49 WIB

Round Up

Alami Tren Kenaikan Corona, 19 Kota di Indonesia dalam Pantauan Menkes

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sejumlah bandara menyediakan fasilitas rapid test antigen dan PCR. Di Bandara Soekarno Hatta, antrean warga yang akan rapid tes antigen mengular panjang. COVID-19 (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Tren COVID-19 menunjukkan kenaikan di 19 kota di Indonesia. Menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut, dua di antaranya mengalami kenaikan 4 minggu berturut-turut.

"Ada 2 kota yaitu Fak-fak dan Purbalingga yang kita lihat sudah 4 minggu berturut-turut ada kenaikan kasus konfirmasi," kata Menkes dalam konferensi pers, Senin (22/11/2021).

Meski demikian, Menkes menyebut angka yang teramati masih relatif kecil. Positivity rate disebut masih rendah, demikian juga BOR (bed occupancy rate) rumah sakit juga masih rendah.

"Kita mengikuti daerah-daerah ini agar jangan sampai kita terlambat kalau nanti ada kenaikan," jelasnya.

Kota lain yang mengalami kenaikan adalah Lampung Utara, yang sudah 3 pekan berturut-turut mengalami kenaikan. Selain itu juga ada 16 kota lain yang sudah mengalami kenaikan dalam 2 pekan.

"Jadi kurang lebih ada 19 kota yang kita monitor secara ketat, kita surveilans secara ketat karena ada kenaikan kasus meskipun masih kecil lebih dari 2 minggu," kata Menkes.



Simak Video " RI Beli Obat Covid-19 Molnupiravir pada Desember, Berapa Harganya?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)