Jumat, 26 Nov 2021 16:16 WIB

RI Diprediksi Tak Hadapi Gelombang 3, Kemenkes: Tetap Waspada Potensi Lonjakan!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kasus COVID-19 di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya DKI, mengalami penurunan. Namun bukan berarti virus Corona sudah hilang karena kita masih berperang melawan COVID-19. Foto: dok detikcom
Jakarta -

Meski prediksi lembaga AS IHME memprediksi tak akan ada gelombang ketiga Corona di Indonesia, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PL) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi tetap mewaspadai risiko lonjakan kasus.

Hal ini diikuti dengan perkembangan peningkatan mobilitas usai PPKM di sejumlah wilayah berhasil turun level.

"Kami sudah baca prediksi (peneliti AS) itu, kami tetap waspada karena potensi peningkatan kasus bisa terjadi sebab varian Delta yang masih mendominasi di Indonesia," kata Nadia, dikutip dari CNNIndonesia Jumat (26/11/2021).

"Selain itu, terjadi peningkatan mobilitas yang tidak bisa kita hindari karena berbagai aktivitas masyarakat, sehingga potensi (lonjakan kasus) tetap ada ya," ucap Nadia.

Ia juga mendesak agar masyarakat yang belum divaksinasi segera menyelesaikan proses vaksinasi COVID-19. Hal ini demi menekan potensi lonjakan kasus usai periode Natal dan Tahun Baru terlewati.

"Vaksinasi COVID-19 harus kita lakukan sebagai upaya percepatan mencapai herd immunity dan mencegah lonjakan kasus," tutur dia

Prediksi IHME belakangan juga diragukan ahli epidemiologi Universitas Griffith Dicky Budiman. Terlebih, dengan apa yang terjadi di Eropa saat ini.

"IHME sendiri juga tidak secara tepat memprediksi situasi Eropa saat ini sekitar 2 atau 3 bulan lalu," beber epidemiolog Universitas Griffith Australia, kepada detikcom Kamis (25/11/2021).

"Bahkan kalau dilihat di website-nya pada September lalu dia masih memprediksi bahwa akan terjadi penurunan kasus di Eropa Barat, yang malahan kita lihat sekarang meningkat," sambung Dicky.



Simak Video "Eropa Diamuk Covid-19, WHO Perkirakan 2,2 Juta Nyawa Melayang"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)