Jumat, 26 Nov 2021 17:31 WIB

Mengenal Psikosomatik, Kondisi yang Buat Will Smith Mual-Muntah Saat Orgasme

Firdaus Anwar - detikHealth
HOLLYWOOD, CA - NOVEMBER 10:  Actor Will Smith attends the Centerpiece Gala Premiere of Columbia Pictures Concussion during AFI FEST 2015 presented by Audi at TCL Chinese Theatre on November 10, 2015 in Hollywood, California.  (Photo by Kevin Winter/Getty Images for AFI) Will Smith mual hingga muntah saat orgasme lantaran mengidap psikosomatik. (Foto: Will Smith (Kevin Winter/Getty Images)
Jakarta -

Aktor Hollywood Will Smith mengaku pernah mengalami kondisi psikosomatik usai putus dengan kekasihnya. Hal ini Will ungkapkan dalam buku terbaru yang menceritakan kisah hidupnya.

Will mengaku pengalaman patah hati dalam hubungan serius pertamanya begitu berkesan. Sang kekasih yang bernama Melanie diketahui selingkuh saat Will sedang tur.

Hal ini membuat Will bereaksi dan mulai berhubungan seks dengan banyak wanita. Hanya saja mulai muncul gejala yang tidak biasa, setiap orgasme Will akan merasa mual bahkan pernah sampai muntah.

"Saya berhubungan seks dengan begitu banyak wanita, tapi ini sesungguhnya bertentangan dengan prinsip inti diri saya. Akhirnya saya mengalami reaksi psikosomatik saat orgasme," kata Will seperti dikutip dari Huffington Post, Jumat (26/11/2021).

"Saya akan merasa mual-mual bahkan sampai muntah," lanjutnya.

Dikutip dari WebMD, gangguan psikosomatik atau somatic symptom disorder (SSD) merupakan suatu penyakit mental yang menyebabkan gejala fisiologis. Hal ini basanya dipicu oleh stres atau tekanan mental berlebih.

Seseorang yang mengidap gangguan psikosomatik dapat mengalami keluhan pencernaan, nyeri, saraf, hingga seks. Dokter ahli jiwa biasanya akan memberikan terapi untuk gejala fisiologis yang muncul sambil membantu pasien mengelola stres-nya.

"Orang dengan SSD tidak memalsukan gejalanya. Keluhan yang mereka alami dari rasa sakit atau masalah lainnya nyata, terlepas dari apakah ada penjelasan fisik yang dapat ditemukan atau tidak," tulis WebMD.



Simak Video "Mengatasi Gangguan Psikosomatik Akibat Informasi Corona yang Membeludak"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)