Sabtu, 27 Nov 2021 10:02 WIB

Daftar Negara Tutup Pintu Masuk untuk Afsel Gegara Omicron, RI Termasuk?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kasus harian COVID-19 di Singapura terus cetak rekor baru. Pada Rabu (29/9) kemarin kasus harian COVID-19 Singapura bahkan melampaui kasus harian di Indonesia. Singapura ikut melarang kedatangan dari Afrika Selatan. (Foto: Getty Images)

Amerika Utara

Amerika Serikat akan menerapkan pembatasan perjalanan pada pelancong yang datang dari Afrika Selatan, Botswana, Zimbabwe, Namibia, Lesotho, Eswatini, Mozambik, dan Malawi. Pembatasan akan mulai berlaku pada hari Senin pukul 12:01 setempat. Pembatasan tidak berlaku untuk warga negara AS atau penduduk tetap yang sah.

Sebagian besar warga negara asing yang telah melakukan perjalanan ke negara-negara tersebut dalam 14 hari terakhir tidak akan diizinkan memasuki AS.

Kanada telah menutup perbatasannya untuk pelancong dari tujuh negara Afrika selatan. Setiap warga Kanada yang datang dari negara-negara tersebut akan diminta karantina selama 14 hari dan menjalani tes COVID-19.

Timur Tengah

Israel memberlakukan larangan perjalanan yang mencakup sebagian besar benua Afrika pada hari Jumat, memperluas larangan yang sebelumnya berlaku untuk tujuh negara Afrika selatan. Hanya negara-negara Afrika Utara yang dikecualikan dari larangan tersebut, sementara yang lainnya telah ditambahkan ke 'daftar merah' Israel yang berisiko tinggi.

Orang Israel telah dilarang bepergian ke negara-negara dalam daftar, sementara warga negara asing dari negara-negara yang terkena dampak tidak dapat memasuki Israel.

Orang Israel yang kembali akan diminta untuk dikarantina. Negara ini juga mencatat kasus pertama varian Omicron baru pada pelancong yang divaksinasi yang tiba dari Malawi. Dua orang lain yang diduga memiliki varian tersebut juga dikarantina.

Arab Saudi telah menangguhkan penerbangan ke dan dari Afrika Selatan, Namibia, Botswana, Zimbabwe, Mozambik, Lesotho dan Eswatini, kantor berita negara (SPA) melaporkan.

Banyak negara Asia yang juga mengikuti hal serupa. Mana saja? Cek di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Dokter Paru Jelaskan Alasan 89% Gejala Omicron Batuk Kering"
[Gambas:Video 20detik]