Sabtu, 27 Nov 2021 10:02 WIB

Daftar Negara Tutup Pintu Masuk untuk Afsel Gegara Omicron, RI Termasuk?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kasus harian COVID-19 di Singapura terus cetak rekor baru. Pada Rabu (29/9) kemarin kasus harian COVID-19 Singapura bahkan melampaui kasus harian di Indonesia. Singapura ikut melarang kedatangan dari Afrika Selatan. (Foto: Getty Images)

Asia

Singapura dan Malaysia juga membatasi kedatangan dari wilayah tersebut. Semua non-warga negara tanpa tempat tinggal permanen yang telah melakukan perjalanan ke tujuh negara Afrika Selatan tidak akan diizinkan masuk. Mereka yang diizinkan masuk harus dikarantina, demikian informasi pejabat kesehatan di kedua negara tersebut, usai mendapat laporan varian Omicron.

Filipina tidak akan mengizinkan pelancong dari Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Eswatini, dan Mozambik memasuki negara itu hingga 15 Desember. Secara efektif mengecualikan negara-negara ini dari rencana pembukaan kembali untuk perjalanan internasional.

Jepang mengatakan akan mewajibkan masa karantina 10 hari untuk pelancong yang datang dari enam negara. Mulai Sabtu, Tokyo akan meminta wisatawan yang datang dari Afrika Selatan dan negara tetangga Namibia, Lesotho, Eswatini, Zimbabwe, dan Botswana untuk tinggal di fasilitas yang ditentukan pada saat kedatangan.

Mereka juga akan dites COVID-19 segera setelah mendarat, serta tiga kali tes lainnya selama karantina 10 hari.

Kementerian Kesehatan di India telah mengeluarkan peringatan untuk varian baru, meskipun belum menangguhkan perjalanan dari Afrika selatan, demikian lapor India Today.

"Varian ini dilaporkan memiliki jumlah mutasi yang sangat tinggi, dan dengan demikian, memiliki implikasi kesehatan masyarakat yang serius bagi negara, mengingat pembatasan visa yang baru-baru ini dilonggarkan dan pembukaan perjalanan internasional," kata Menteri Kesehatan Rajesh Bhushan.

Akibatnya, semua pelancong internasional yang datang ke India dari negara-negara berisiko akan menjalani pemeriksaan dan pengujian yang ketat, kementerian telah menginstruksikan.

Hong Kong mengatakan akan melarang penduduk non-Hong Kong yang datang dari delapan negara Afrika selatan memasuki wilayah itu jika mereka telah tinggal di negara-negara itu dalam 21 hari terakhir.

Sementara Indonesia, hingga saat ini belum membuka perjalanan ke Afrika Selatan. Hanya ada pelancong dari 19 negara yang boleh masuk Indonesia, tidak termasuk Afsel.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Dokter Paru Jelaskan Alasan 89% Gejala Omicron Batuk Kering"
[Gambas:Video 20detik]

(naf/naf)