Minggu, 28 Nov 2021 08:11 WIB

COVID-19 RI Berhasil Turun 99,3 Persen, Pemerintah: Awas Lengah Saat Nataru

Firdaus Anwar - detikHealth
Arus balik libur tahun baru 2021 ke wilayah Bandung diprediksi terjadi besok, Minggu (3/1/2020) lewat jalur kereta di wilayah Daop 2 Bandung. Foto ilustrasi: Yudha Maulana
Jakarta -

Kasus COVID-19 di Indonesia disebut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate sudah berhasil turun sebanyak 99,3 persen bila dibandingkan saat terjadi lonjakan. Ini membuat Indonesia sebagai salah satu negara dengan penurunan kasus COVID-19 terbesar di dunia.

"Indonesia berhasil masuk daftar lima negara dengan penurunan kasus COVID-19 secara signifikan dan mampu mempertahankannya dalam jangka waktu cukup lama. Kita bersanding dengan empat negara lain, yaitu India, Filipina, Iran, dan Jepang," kata Menkominfo Johnny dalam keterangan pers dan ditulis pada Minggu (28/11/2021).

"Badan Kesehatan dunia WHO juga menetapkan Indonesia sebagai negara hijau dengan tingkat penularan rendah di bawah 2 persen," lanjutnya.

Prestasi Indonesia menurunkan kasus COVID-19 ini sudah berhasil dipertahankan selama 130 hari. Oleh karena itu Johnny meminta agar semua pihak turut berperan untuk menjaganya, terutama menjelang libur natal dan tahun baru (nataru).

Di beberapa bagian dunia, Eropa misalnya, saat ini diketahui sedang kembali mengalami lonjakan kasus COVID-19. Belum lagi ada ancaman varian baru Omicron yang dikhawatirkan para ahli bisa jadi lebih 'ganas' dari Delta.

"Mari bersama menjaga Indonesia dengan tetap disiplin prokes dan taat aturan Nataru agar kita tidak masuk gelombang ketiga seperti di Eropa," pungkas Johnny.



Simak Video "Meski Kasus Melandai, Satgas Covid-19 Ingatkan Pandemi Belum Berakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)