ADVERTISEMENT

Minggu, 28 Nov 2021 11:15 WIB

Apa Itu Demensia? Kondisi yang Diduga Diidap Pengemudi Mercy Lawan Arah di Tol

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral mobil Mercy lawan arus di Tol JORR Foto: Tangkapan layar video viral
Jakarta -

Mobil Mercedes-Benz (Mercy) E300 dilaporkan menyebabkan kecelakaan di jalan Tol JORR pada Sabtu (27/11/2021), usai melawan arah lalu lintas. Polisi menyebut pengemudinya yang berinisial MSD (67) diduga mengidap demensia.

"Sementara dugaan info awal yang bersangkutan dalam kondisi 'demensia' atau menurunnya kondisi kemampuan berpikir," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono kepada wartawan, Minggu (28/11/2021).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan demensia sebagai sindrom penurunan fungsi kognitif atau kemampuan berpikir. Demensia bisa disebabkan oleh cedera atau penyakit, mulai dari Alzheimer atau stroke.

Bagi masyarakat awam demensia juga kadang disebut sebagai pikun.

"Demensia adalah sindrom, biasanya bersifat progresif, yang berujung pada penurunan fungsi kognitif di luar batas wajar dari dampak penuaan alami. Demensia memengaruhi kemampuan ingatan, berpikir, orientasi, komprehensi, kalkulasi, dan belajar," tulis WHO seperti dikutip dari situs resminya.

"Dampak dari hal ini biasanya terwujud dalam bentuk perubahan suasana hati, kontrol emosi, perilaku, dan motivasi," lanjut WHO.

Menurut data WHO, demensia menjadi penyebab kematian nomor 7 di dunia dan pemicu kecacatan serta ketergantungan terbesar di antara lansia.

Simak video 'Terungkap! Ini Penyebab Pengemudi Mercy Lawan Arah di Tol JORR':

[Gambas:Video 20detik]



(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT