Minggu, 28 Nov 2021 18:02 WIB

Viral Pengemudi Mercy Lawan Arah di Tol, Ini Beda Demensia Vs Pikun

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral mobil Mercy lawan arus di Tol JORR Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Tangkapan layar video viral)
Jakarta -

Pengemudi mobil Mercedes-Benz (Mercy) yang viral karena melawan arah dan menyebabkan kecelakaan di jalan Tol JORR diduga mengidap demensia. Hal ini baru diketahui setelah pihak keluarga datang untuk menjemput pengemudi Mercy tersebut.

"Terus enggak lama setelah keluarganya datang, dijelaskan bahwa yang bersangkutan ada gejala-gejala kondisi seperti itu (demensia)," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono kepada wartawan, Minggu (28/11/2021).

Demensia adalah suatu sindrom yang ditandai dengan berkurangnya fungsi kognitif atau kemampuan berpikir. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari genetik, cedera otak, hingga penyakit lainnya.

Di kalangan masyarakat awam demensia kadang juga disebut sebagai pikun.

Apakah demensia dan pikun sama?

Dr Ho King Hee, pakar neurologi dari Gleneagles Hospital Singapore, menjelaskan bahwa pikun dan demensia memang bisa sama-sama memiliki gejala sering lupa atau memory loss. Namun, pada demensia, penurunan fungsi kognitif yang terjadi kadang bisa sampai mengubah perilaku seseorang.

"Tapi memory loss yang terjadi karena bertambahnya umur ini berbeda dengan memory loss karena demensia. Pikun karena lanjut usia membuat Anda lupa akan sesuatu hal dan Anda menyadarinya. Sementara demensia memengaruhi fungsi otak yang membuat Anda sulit mengambil keputusan dan terkadang merubah perilaku," ungkap Dr Ho beberapa waktu lalu.

Sebagai contoh lansia yang pikun mungkin masih bisa berbelanja ke pasar, namun melupakan kunci mobil atau daftar belanjaannya. Sementara pada lansia yang demensia bahkan bisa sampai lupa cara melakukan aktivitas dasar sehari-hari, seperti misalnya bagaimana memakai baju dengan benar hingga berkendara.

Kejadian lupa yang terjadi karena pikun juga biasanya masih bisa diingat. Seorang lansia dapat menyadari bahwa dirinya lupa sesuatu kemudian menceritakan hal tersebut pada orang lain.

Sementara pengidap demensia tidak bisa melakukan hal tersebut. Mereka tidak akan ingat kapan mereka lupa dan apa saja yang terlupakan.

Simak video 'Terungkap! Ini Penyebab Pengemudi Mercy Lawan Arah di Tol JORR':

[Gambas:Video 20detik]



(fds/fds)