Mumpung Hari AIDS Sedunia, Apa Sih Kepanjangan dari HIV?

ADVERTISEMENT

Hari AIDS Sedunia

Mumpung Hari AIDS Sedunia, Apa Sih Kepanjangan dari HIV?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Selasa, 30 Nov 2021 08:40 WIB
HIV - sexually transmitted disease blood test and treatment
Foto: iStock
Jakarta -

Hari AIDS Sedunia selalu diperingati setiap 1 Desember. Tapi ngomong-ngomong sudah tahu belum, kepanjangan dari HIV dan AIDS? Yuk diingat-ingat bersama.

Dalam peringatan Hari AIDS Sedunia 2021 dengan tema 'Akhiri Ketimpangan Akhiri AIDS', Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung dari Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, MEpid, menjelaskan jumlah infeksi HIV baru di dunia pada 2020 terhitung menurun hingga 26 persen dibanding tahun lalu.

"Kalau kita lihat kurang lebih 37,7 orang di dunia hidup dengan HIV pada 2020, dan kurang lebih 1,5 juta infeksi baru HIV terjadi pada 2020. Ada 680 ribu orang meninggal karena penyakit AIDS pada 2020," terang dr Nadia dalam konferensi pers Hari AIDS Sedunia 2021, Senin (29/11/2021).

"Kalau kita lihat 37,7 juta orang hidup dengan HIV, hanya 27,5 juta yang baru mengakses terapi pengobatan antiretroviral. Dari total kasus di dunia 79,3 juta kasus HIV, di mana kurang lebih separuhnya 36,3 juta telah meninggal dikarenakan kondisi awal epidemi ini terjadi," sambungnya.

Lantas, apa kepanjangan dari HIV? Biar makin paham di Hari AIDS Sedunia 2021, begini paparan dr Nadia:

1. Apa kepanjangan dari HIV?

dr Nadia menjelaskan, HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Kepanjangan dari HIV adalah Human Immunodeficiency virus.

2. Apa bedanya HIV dengan AIDS?

AIDS adalah singkatan dari (Acquired Immune Deficiency Syndrome). Jika HIV adalah virus, AIDS adalah kondisi di mana tingkat keparahan orang yang terinfeksi HIV sudah bertambah berat dan muncul kumpulan gejala.

"AIDS bukan suatu penyakit, tetapi kondisi di mana kalau kita sakit HIV kemudian bertambah berat tingkat keparahannya, kita akan sampai kondisi yang kita sebut AIDS. Jadi ada kumpulan-kumpulan gejala dan tanda yang merupakan tanda fisik atau terjadinya infeksi oportunistik," jelas dr Nadia.

"Dia memanfaatkan kondisi tubuh yang lemah, kemudian menimbulkan penyakit-penyakitnya. Ini yang menjadi kewaspadaan kita," sambungnya dalam acara Hari AIDS Sedunia.



Simak Video "AIDS dan 10 Gejala Umumnya: Batuk Kering-Demam"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT