Selasa, 30 Nov 2021 08:40 WIB

Hari AIDS Sedunia

Mumpung Hari AIDS Sedunia, Apa Sih Kepanjangan dari HIV?

Vidya Pinandhita - detikHealth
HIV - sexually transmitted disease blood test and treatment Foto: iStock

3. Bisakah HIV dideteksi?

dr Nadia menegaskan, salah satu kondisi yang wajib diwaspadai adalah bahwa infeksi HIV tidak bisa langsung terinfeksi. Pada beberapa kasus, HIV baru bisa terdeteksi hingga tiga bulan setelah tindakan berisiko menularkan virus dilakukan.

"Seringkali kita tidak bisa langsung mendeteksi adanya virus tersebut dalam tubuh kita karena bisa virus tersebut walaupun sudah menginfeksi tetapi ada yang kita sebut 'window barrier' di mana kita sebenarnya sudah terinfeksi HIV, tapi pemeriksaan laboratorium masih negatif," terangnya.

"Dan itu cukup maka bisa sampai tiga minggu, kurang dari satu bulan, bahkan tiga bulan. Kalau kita melakukan tindakan berisiko kemudian negatif, jangan bersenang diri dulu karena bisa tiga bulan kemudian mendeteksi HIV dalam tubuh kita," sambung dr Nadia.

Bisa jadi seseorang yang terjangkit HIV terlihat sehat tanpa gejala. Lantaran HIV menyerang sistem kekebalan tubuh, penyakit belum muncul sampai kekebalan tubuh benar-benar melemah. Proses ini berlangsung dalam 5-10 tahun. Jika pasien tidak minum obat antivirus, pasien bisa jatuh dalam kondisi AIDS.

4. Lewat apa menularnya?

dr Nadia menegaskan, HIV menular lewat hubungan seks berisiko, darah, serta ibu ke bayi. Pasalnya, virus ini terdapat pada darah, cairan sperma, cairan vagina, dan air susu ibu (ASI).

Lantaran pada dasarnya HIV sulit menular dan terbatas hanya bisa menular lewat hal-hal tersebut, dr Nadia menegaskan, masyarakat tak perlu takut melakukan aktivitas bersama orang yang terinfeksi HIV. Termasuk makan bersama, atau menggunakan toilet bersama.

"Dan ingat, virus HIV hanya ada pada darah, cairan sperma, cairan vagina, dan ASI. Sehingga kalau kita makan bersama, menggunakan alat makan bersama, atau penggunaan seperti kamar mandi bersama, itu tidak akan menularkan HIV," pungkas dr Nadia terkait Hari AIDS Sedunia.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "WHO Soroti Ketimpangan Perawatan HIV di Hari AIDS Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]

(vyp/up)