Selasa, 30 Nov 2021 09:32 WIB

Klinik Aisyiyah Gresik Permudah Peserta JKN-KIS untuk Berobat

Yudistira Imandiar - detikHealth
BPJS Kesehatan Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

BPJS Kesehatan Cabang Gresik telah menambah enam Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) baru. Salah satunya yaitu Klinik Aisyiyah Gresik Kota Baru (GKB).

Pimpinan Klinik Aisyiyah GKB, drg. Isnia Maulidah mengatakan sebelum bekerja sama dengan BPJS Kesehatan tidak sedikit pasien yang berkunjung ke klinik yang dipimpinnya tersebut menanyakan perihal layanan untuk peserta BPJS Kesehatan. Menurut Isnia, hal tersebut menunjukkan masyarakat sudah memahami manfaat program JKN-KIS.

"Banyak yang tanya, klinik ini melayani peserta BPJS Kesehatan atau tidak. Artinya sudah banyak masyarakat yang menggunakan JKN-KIS, sehingga tidak ada alasan untuk tidak bergabung menjadi mitra BPJS Kesehatan," ungkap Isnia dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa (30/11/2021).

Dijelaskan Isnia, Klinik yang telah memiliki 72 orang pasien peserta JKN-KIS ini menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk mendukung perluasan layanan JKN-KIS. Ia menyatakan seluruh tenaga kesehatan di klinik berkomitmen untuk terus siaga dalam melayani peserta JKN-KIS.

"Komitmen yang telah kami berikan bukan hanya ada pada pimpinan klinik saja, melainkan seluruh tim. Kerja sama tim dalam hal ini menjadi hal penting agar pelayanan program berjalan sesuai dengan semestinya. Apalagi kan para tenaga kesehatan ini kan sebagai garda terdepan yang membantu masyarakat mendapatkan hak layanan kesehatan," tutur Isnia.

Klinik yang beralamat di Jl. Jawa No.116-118, Karanggondang, Yosowilangun, Kec. Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur ini memiliki tiga poli, yakni poli umum, poli gigi dan mulut serta poli kesehatan ibu dan anak (KIA). Klinik Aisyiyah GKB turut menjalankan inovasi layanan daring milik BPJS Kesehatan seperti antrean online dan konsultasi dokter online. Isnia berharap dengan adanya inovasi tersebut peserta semakin mudah untuk mendapatkan hak layanan kesehatan.

"Dengan inovasi antrean online yang dapat diakses peserta melalui Mobile JKN ini membuat peserta dapat datang ke klinik sesuai nomor antrean yang udah diperoleh, tidak perlu menunggu lama. Dan jika peserta berhalangan datang ke klinik serta membutuhkan konsultasi cepat dengan dokter bisa juga melalui fitur Konsultasi Dokter yang juga terdapat di Mobile JKN. Hal tersebut tentunya selain memudahkan peserta juga membantu pencegahan penyebaran COVID-19 di tengah pandemi saat ini," papar Isnia.

Selain Klinik Aisyiyah GKB, mitra FKTP baru BPJS Kesehatan Cabang Gresik lainnya, yaitu Klinik Muslimat NU Bungah Klinik Semambung Medika dan drg Ayu Nurfitria Sugianingrum untuk wilayah Kabupaten Gresik, kemudian Klinik dr Denny Lamongan dan Klinik Muhammadiyah Deket untuk wilayah Kabupaten Lamongan.

(ega/ega)