Selasa, 30 Nov 2021 10:33 WIB

Jabodetabek PPKM Level 2: Ini Daftar Aturan Sekolah, Nge-mal, sampai Bioskop

Vidya Pinandhita - detikHealth
Geliat Restoran Mall di Jakarta Sambut PPKM Level 1 Ilustrasi peraturan aktivitas PPKM level 2 Jabodetabek. Foto: Pradita Utama

Berikut sejumlah aturan aktivitas dalam PPKM level 2:

1. Aktivitas belajar-mengajar

Pelaksanaan pembelajaran dapat dilakukan secara jarak jauh atau tatap muka dengan kapasitas maksimal 50 persen. Namun, aturan tatap muka dikecualikan untuk SDLB, MILB, SMPLB, SM ALB, dan MALB maksimal 62 persen, serta PAUD maksimal 33 persen.

2. Sistem Work from Office (WFO)

"Pelaksanaan kegiatan pada sektor non esensial diberlakukan maksimal 50% (lima puluh persen) WFO bagi pegawai yang sudah divaksin dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi pada pintu akses masuk dan keluar tempat kerja," tertulis

3. Makan di restoran dan tempat umum

Warung makan atau warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya diizinkan beroperasi dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat hingga pukul 21.00 waktu setempat, dengan kapasitas pengunjung maksimal 50 persen. Waktu makan dibatasi maksimal 60 menit sesuai pengaturan teknis oleh Pemerintah Daerah.

4. Aktivitas di mal dan bioskop

Kegiatan di pusat perbelanjaan, mal, atau pusat perdagangan diperbolehkan berlangsung dengan kapasitas maksimal 50 persen, dengan pembatasan waktu hingga 21.00 waktu setempat.

Kemudian perihal aktivitas di bioskop, pengunjung dan pegawai diwajibkan melakukan check in di aplikasi PeduliLindungi dulu sebelum memasuki bioskop. Kemudian, kapasitas pengunjung maksimal 70 persen, dengan syarat berstatus hijau atau kuning.

Selain itu, anak berusia 12 tahun diizinkan masuk dengan syarat didampingi orangtua, serta restoran dalam bioskop boleh menerima makan di tempat (dine in) dengan kapasitas pengunjung maksimal 50 persen dan waktu makan maksimal 60 menit.

5. Tempat ibadah

"Tempat ibadah (Masjid, Musholla, Gereja, Pura, Vihara, dan Klenteng serta tempat lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah), dapat mengadakan kegiatan peribadatan/keagamaan berjamaah selama masa penerapan PPKM Level 2 (dua) dengan maksimal 75% (tujuh puluh lima persen) kapasitas atau 75 (tujuh puluh lima) orang dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat dan memperhatikan ketentuan teknis dari Kementerian Agama," tertulis dalam Inmendagri.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Aturan ke Mal dan Bioskop Terbaru PPKM Level 2 Jabodetabek"
[Gambas:Video 20detik]

(vyp/kna)