Selasa, 30 Nov 2021 10:45 WIB

1 Desember Memperingati Hari Apa? Oh Iya, Hari AIDS Sedunia 2021

Ayunda Septiani - detikHealth
ilustrasi obat antiretroviral 1 Desember diperingati Hari AIDS Sedunia (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

1 Desember memperingati hari apa sih? Untuk yang belum tahu, setiap tanggal 1 Desember pada tiap tahunnya merupakan Hari AIDS Sedunia.

Banyak sekali pertanyaan yang muncul di masyarakat terkait dengan hari AIDS Sedunia. Mulai dari tema poin penting hari AIDS sedunia.

Sebagai tambahan informasi, berikut tema dan serba-serbi Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap 1 Desember yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dunia.

Tema Hari AIDS Sedunia pada Tahun ini

Pertanyaan yang muncul di masyarakat terkait 1 Desember memperingati hari apa sudah terjawab, yakni sebagai Hari AIDS sedunia.

Hari AIDS sedunia diperingati pada setiap tahunnya agar masyarakat bisa waspada terhadap bahaya dari penyakit HIV-AIDS.

Diperingati Hari AIDS pada setiap tahunnya, masyarakat diharapkan dapat memiliki akses yang cukup untuk melakukan pencegahan, bahkan jika ada yang mengalami kondisi tersebut harus tahu bagaimana pengobatannya.

Seiring dengan adanya peringatan 1 Desember memperingati hari apa, pada tahun ini, tema dari Hari AIDS sedua adalah 'Akhiri Ketimpangan. Akhiri AIDS.'

Dikutip dari laman resmi WHO, Hari AIDS sedunia pada tahun ini fokus untuk bersatu menghadapi ketidaksetaraan pada akses layanan AIDS dan HIV, serta menjangkau masyarakat terbelakang yang tidak menerima layanan HIV dengan layak. Oleh karena itu penting bagi masyarakat luas mengetahui gejala HIV-AIDS agar bisa mendapatkan perawatan yang tepat.

Ada pesan penting pada Hari AIDS Sedunia tahun ini

Setiap tanggal 1 Desember, tema pada Hari AIDS sedunia pada tahun ini mengangkat poin-poin penting yang akan disampaikan.

Dikutip dari laman WHO, ada beberapa poin penting yang disebutkan WHO dalam kampanye Hari AIDS sedunia tahun ini.

1. Berkomitmen mengakhiri penyebaran HIV-AIDS

Ketidaksetaraan yang terus-menerus dan tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19 memerlukan upaya baru untuk mengakhiri HIV sebagai ancaman kesehatan masyarakat pada tahun 2030.

2. Atasi HIV dan COVID-19 bersama-sama

Kita harus menghadapi tantangan khusus yang dihadirkan oleh pandemi COVID-19 bagi orang yang hidup dengan HIV.

3. Fokus pada Kesetaraan

Harus memastikan bahwa setiap orang di manapun berada harus memiliki akses yang sama terkait pencegahan pengujian, pengobatan, perawatan HIV, dan termasuk vaksinasi dan layanan COVID-19.

4. Fokus kepada mereka yang belum melek akan HIV-AIDS

WHO merekomendasikan kampanye Hari AIDS sedunia 2021 kepada warga negara yang masih kurang waspada akan bahaya penyakit HIV-AIDS.

Kampanye dilakukan di seluruh dunia, khususnya untuk negara-negara yang berisiko tinggi akan penyebaran penyakit HIV-AIDS.

Untuk lebih lanjut terkait 1 Desember memperingati hari apa, bisa dilihat pada halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3