ADVERTISEMENT

Selasa, 30 Nov 2021 11:17 WIB

AS Bersiap Hadapi Varian Omicron, Perintahkan Warga Pakai Masker

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kasus COVID-19 di Amerika kembali meningkat imbas varian Delta. Meski begitu, festival musik tetap digelar dan dihadiri oleh ribuan warga. Ini potretnya. Foto: AP Photo
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendesak warganya untuk memakai masker di dalam ruangan hingga tempat umum. Sebab, Biden menilai cepat atau lambat varian Omicron bakal ditemukan di AS.

Seperti diketahui, Amerika Serikat belakangan mencatat lonjakan kasus COVID-19. Bahkan, per Senon (29/11/2021) kasus Corona AS melonjak hingga 69.498 kasus.

"Cepat atau lambat kita akan melihat kasus varian baru Omicron ini di Amerika Serikat," kata Biden, dikutip dari Reuters.

"Tolong gunakan masker saat berada di dalam ruangan, di tempat umum di sekitar orang lain."

Varian Omicron pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan pekan lalu. Varian ini bisa jadi menular lebih cepat di dunia dan bisa memicu kembali lonjakan kasus.

"Mungkin ada lonjakan COVID-19 di masa depan, yang dapat memiliki konsekuensi parah tergantung pada sejumlah faktor, termasuk di mana lonjakan dapat terjadi," kata WHO terkait varian Omicron, dalam rapat beberapa waktu lalu.

"Risiko global secara keseluruhan terkait dengan (varian Omicron) dinilai sangat tinggi," sambungnya.

WHO mengatakan saat ini tidak ada informasi yang menunjukkan gejala terkait Omicron berbeda dari varian lain termasuk varian Delta.

"Tidak ada kematian terkait dengan varian omicron yang dilaporkan," tambah WHO.

Namun, WHO menegaskan bukti awal yang ditemukan menunjukkan kemungkinan varian tersebut memiliki mutasi yang dapat membantunya menghindari respons sistem kekebalan tubuh dan membuatnya lebih menular.

Simak video 'Belajar Dari Varian Delta, Amerika Serikat Lebih Tenang Hadapi Omicron':

[Gambas:Video 20detik]



(naf/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT