Selasa, 30 Nov 2021 16:02 WIB

Aturan Lengkap PPKM Level 2 yang Berlaku di DKI Jakarta, Ini Rinciannya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kasus COVID-19 di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya DKI, mengalami penurunan. Namun bukan berarti virus Corona sudah hilang karena kita masih berperang melawan COVID-19. Foto: dok detikcom
Jakarta -

Pemerintah kembali memperbarui aturan lengkap PPKM level 2 yang berlaku di DKI Jakarta. Ini bersamaan dengan DKI Jakarta yang kembali naik statusnya ke level 2.

Diketahui, DKI Jakarta sempat turun ke PPKM level 1 pada 3 November 2021 lalu dengan sejumlah pelonggaran yang mulai diberlakukan. Namun, statusnya kini kembali naik ke level dua setelah bertahan selama 27 hari di level 1.

Kini, sejumlah aturan kembali diperketat di saat peralihan dari PPKM level 1 ke level 2. Misalnya seperti pengurangan kapasitas pengunjung mal dan pusat perbelanjaan hingga 50 persen.

Jam operasionalnya pun dibatasi hanya sampai pukul 21.00 waktu setempat. Selain itu, pengunjung dan pegawai mal atau pusat perbelanjaan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Berikut sejumlah aturan lengkap PPKM level 2 yang berlaku di DKI Jakarta:

Pelaksanaan makan/minum di tempat umum:

1. Warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 21.00 waktu setempat dengan maksimal pengunjung makan 50% (lima puluh persen) dari kapasitas dan waktu makan maksimal 60 (enam puluh) menit yang pengaturan teknis diatur oleh Pemerintah Daerah;

2. Restoran/rumah makan, kafe dengan lokasi yang berada dalam gedung/toko atau area terbuka baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan/mall diizinkan buka dengan ketentuan sebagai berikut:

- Dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 21.00 waktu setempat;
- Dengan kapasitas maksimal 50% (lima puluh persen);
- Waktu makan maksimal 60 (enam puluh) menit; dan
- Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai.

3. Restoran/rumah makan, kafe dengan jam operasional dimulai dari malam hari dapat beroperasi dengan ketentuan sebagai berikut:

- Dengan protokol kesehatan yang ketat dan jam operasional pukul 18.00 sampai dengan maksimal pukul 00.00 waktu setempat;
- Dengan kapasitas maksimal 50% (lima puluh persen);
- Waktu makan maksimal 60 (enam puluh) menit; dan
- Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai.

4. Pengaturan teknis angka (1) sampai dengan angka (3) diatur oleh Pemerintah Daerah.

Selain itu, ada juga aturan lengkap PPKM level 2 yang berlaku di DKI Jakarta untuk bioskop hingga resepsi pernikahan. Klik ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Contoh Kepatuhan Warga Semarang Dalam Menerapkan Prokes"
[Gambas:Video 20detik]