ADVERTISEMENT

Selasa, 30 Nov 2021 16:51 WIB

Kisah Bidan yang Terbantu Biaya Berobat Mata Berkat JKN-KIS

Inkana Putri - detikHealth
BPJS Kesehatan Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah memberi manfaat bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya seperti yang dirasakan oleh seorang bidan bernama Masdiana (25).

Sebagai bidan, ia tentunya harus membantu para ibu dalam menjalani proses kelahiran. Tak jarang Masdiana harus menangani pasiennya lokasi rumahnya jauh dari Puskesmas. Meski demikian, hal tersebut tidak menjadikannya sebuah beban.

Karena kesibukannya, tak jarang penyakit gastritis yang ia derita sejak lama kambuh hingga membutuhkan perawatan. Namun, ia bersyukur telah menjadi peserta JKN-KIS sehingga dirinya tak perlu khawatir tentang biaya pengobatan.

"Saya bersyukur sudah terdaftar menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sejak lama, karena semenjak saya mengalami sakit gastritis bisa dilakukan pengobatan tanpa biaya sepeserpun," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (30/11/2021).

Selain mendapatkan manfaat untuk biaya pengobatan gastritis, Masdiana mengaku pernah memanfaatkan JKN-KIS untuk melakukan pemeriksaan mata.

"Pernah juga kartu JKN-KIS ini saya pakai berobat untuk mata saya yang kabur dan akhirnya saya periksa dan bisa dapat alat bantu kacamata ini," tuturnya.

Tak hanya bercerita soal pengalamannya menjadi peserta JKN-KIS, ia juga membagikan kisahnya saat menangani peserta JKN-KIS yang berobat dengan dirinya.

Masdiana mengatakan saat ini BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan bidan praktik mandiri. Menurutnya, hal itu merupakan kebijakan yang baik karena tidak semua FKTP induk memiliki bidan dalam penanganan kehamilan/kelahiran peserta.

"BPJS Kesehatan dengan kebijakan bidan jejaringnya sangat baik bagi setiap FKTP, selain dapat memberikan fasilitas pemeriksaan kehamilan atau kelahiran. Dalam melakukan klaim, saya juga sangat dipermudah melalui P-Care," ungkapnya.

Untuk itu, ia berharap agar BPJS Kesehatan dapat meningkatkan Program JKN-KIS, baik dalam segi kualitas layanan kesehatan maupun dalam penyesuaian dengan perkembangan teknologi terkini.

(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT