Selasa, 30 Nov 2021 17:00 WIB

Ngeri Varian 'Super' Omicron, Berapa Lama Efek Vaksin COVID-19 Bertahan?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Vaksinasi Pfizer di Bekasi sudah dibuka di beberapa tempat. Vaksin itu pun dibuka untuk anak usia 12 tahun ke atas dan ibu hamil. Ilustrasi vaksinasi COVID-19. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Varian Corona B.1.1.529 atau varian Omicron dikhawatirkan sejumlah pihak bisa menurunkan efektivitas vaksin COVID-19. Lantas jika seseorang sudah menerima dosis lengkap vaksin COVID-19, sampai kapan masih bisa terlindungi dari risiko COVID-19, khususnya varian Omicron?

Ahli epidemiologi Universitas Griffith Dicky Budiman menerangkan vaksin COVID-19 diyakini memiliki masa proteksi imunitas yang optimal selama kurang lebih tujuh bulan setelah dosis lengkap disuntikkan.

Namun begitu, tak berarti lewat tujuh bulan pasca vaksinasi, seseorang tak bisa memiliki proteksi dari risiko COVID-19.

"Bukan berarti setelah tujuh bulan saya kena (COVID-19), nggak begitu, karena ada kompleksitas dalam imunologi bahwa diduga kuat setelah tujuh bulan yang lebih berperan adalah sel T sel B nya atau yang sel memori, mungkin bisa sampai 1 tahun atau kurang," terangnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (30/11/2021).

Meski belum ada rujukan perihal efektivitas vaksin dalam waktu tujuh bulan setelah disuntikkan, Dicky menambahkan, proteksi vaksin tercermin dari kasus COVID-19 varian Omicron di Afrika Selatan. Menurutnya dalam kondisi positif COVID-19, pasien-pasien tersebut masih memiliki proteksi dari vaksin.

"Kalau di atas tujuh bulan, belum mempunyai rujukan. Artinya lagi, bukan berarti kalau sudah lebih dari tujuh bulan saya benar-benar nggak punya proteksi. Tetap ada," ujar Dicky.

"Ini terbukti di Afrika Selatan. Di Afrika Selatan ada beberapa yang sudah divaksinasi dan terinfeksi Omicron, dia sudah lebih tapi masih punya proteksi," lanjutnya.

Kepada orang yang sudah menerima vaksin COVID-19 lebih dari tujuh bulan lalu, Dicky menegaskan pentingnya penerapan 5M sembari menunggu booster vaksin COVID-19 tersedia. Upaya proteksi juga perlu dibarengi dengan menunda liburan dan mencegah kerumunan di momen libur Natal dan Tahun Baru mendatang.



Simak Video "Varian Omicron 5 Kali Lipat Lebih Cepat Menular Dibanding Delta"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)