Rabu, 01 Des 2021 05:00 WIB

Round Up

Masuk RI dari 11 Negara Terimbas Omicron, Karantina Diperpanjang Jadi 14 Hari

Nafilah Sri Sagita K, Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Karantina Dari Luar Negeri Berubah Efek Omicron, Ini Info Terbarunya Karantina diperketat gara-gara varian Omicron (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Masa karantina ketika masuk wilayah Indonesia kembali diperpanjang menjadi 14, berlaku bagi yang datang dari 11 negara dengan kasus varian Omicron B.1.1.529. Selain dari 11 negara tersebut, masa karantina ditetapkan selama 7 hari.

Pengecualian berlaku pada beberapa kriteria. Di antaranya bagi pemegang visa diplomatik, dinas sejajar menteri, dan rombongan dalam kunjungan kenegaraan.

Kesebelas negara yang dimaksud adalah:

  1. Afrika Selatan
  2. Botswana
  3. Namibia
  4. Zimbabwe
  5. Lesotho
  6. Mozambique
  7. Eswatini
  8. Malawi
  9. Angola
  10. Zambia
  11. Hong Kong.

"Pemerintah memperpanjang durasi karantina setelah kedatangan pintu masuk Indonesia menjadi 14 hari bagi WNI yang selama 14 hari terakhir melakukan transit atau perjalanan dari negara yang diketahui mengalami transmisi kasus varian Omicron," kata juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers Selasa (30/11/2021)

Aturan lengkap tentang karantina ketika masuk wilayah Indonesia adalah sebagai berikut, sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 23 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

1. WNA dari 11 Negara

Warga Negara Asing (WNA) yang pernah tinggal dan mengunjungi 11 negara tertentu dalam kurun waktu 14 hari dilarang masuk ke Indonesia.

Visa untuk warga negara dari 11 negara tersebut juga ditangguhkan sementara sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM.

2. WNI dari 11 Negara

Warga Negara Indonesia atau WNI yang pernah tinggal dan mengunjungi 11 negara tersebut boleh masuk ke Indonesia, tapi wajib karantina 14 hari. Lalu, mereka juga wajib tes PCR 3X24 jam sebelum pulang ke Indonesia, lalu tes PCR ke-1 saat tiba di tanah air.

Kemudian dilanjut tes PCR ke-2 dan ke-13 saat karantina. Terakhir, sampel PCR tersebut wajib untuk dilakukan dengan metode Whole Genome Sequencing atau WGS.

3. WNI dan WNA dari Luar 11 Negara

WNI dan WNA yang datang dari luar 11 negara yang disebutkan, diperbolehkan masuk ke Indonesia dengan masa karantina yang tadinya 3 hari menjadi7 hari. Lalu wajib melakukan tes PCR 3x24 jam sebelum datang ke Indonesia.

Kemudian, tes PCR ke-1 saat tiba di Tanah Air. Tes PCR ke-2 dan ke-6 karantina. Terakhir melakukan sample PCR dengan melakukan metode WGS (Whole Genome Sequencing).

Aturan khusus dan pengecualian bisa disimak di halaman berikut.

4. WNA Khusus

Aturan ini berlaku bagi warga negara asing (WNA) yang telah menyepakati Travel Corridor Agreement (TCA) dengan Indonesia. Negara tersebut yakni China, Korea Selatan, dan Uni Emirates Arab.

Kemudian para pemegang visa diplomatik dan dinas, kunjungan setingkat menteri ke atas beserta rombongan, dan delegasi negara G20.

Para WNA yang disebutkan diatas tidak perlu menjalani karantina di Indonesia, tetapi wajib melakukan PCR 3X24 jam sebelum berangkat dan tes PCR saat tiba di Indonesia. Lalu pemerintah juga memaksimalkan travel bubble untuk WNA dalam kategori ini.

Terakhir, pemerintah akan memantau kondisi kesehatan mereka dan bila mungkin dilakukan skrining tes berkala selama masa tugas atau kunjungan di Indonesia.



Simak Video "Dokter Paru Jelaskan Alasan 89% Gejala Omicron Batuk Kering"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)