ADVERTISEMENT

Rabu, 01 Des 2021 12:00 WIB

Gara-gara Omicron, Malaysia Tunda Persiapan Pandemi COVID-19 jadi Endemi

Vidya Pinandhita - detikHealth
Penambahan kasus positif virus Corona yang terus melonjak, mengguncang beberapa negara di Asia. Salah satunya negara Malaysia. Ilustrasi Malaysia menunda peralihan pandemi COVID-19 menjadi endemi gara-gara varian Omicron. Foto: Getty Images/Rahman Roslan
Jakarta -

Akibat munculnya varian Omicron, Malaysia menunda rencana peralihan pandemi COVID-19 menjadi endemi. Pemerintah Malaysia kini mengupayakan pencarian lebih lanjut seputar varian Corona baru yang pertama kali teridentifikasi di Afrika Selatan tersebut.

Menteri Pertahanan Senior Hishammuddin Hussein, menyebut pemerintah meyakini bahwa varian tersebut telah menyebar ke banyak negara, termasuk Italia, Australia, Inggris, dan Hong Kong. Walhasil, pihaknya memutuskan untuk menunda pengumuman peralihan pandemi COVID-19 menjadi endemi.

"Meskipun kamu belum mendengar ada kasus di negara kami hingga saat ini, tindakan pencegahan terus dilakukan," katanya dalam konferensi pers, dikutip dari Channel News Asia, Rabu (1/12/2021).

"Kami prihatin semua yang sudah kami rencanakan sebelumnya, pengumuman pelonggaran SOP (standar operasional prosedur), tujuh kriteria yang ingin kami umumkan dalam waktu dekat pada fase endemik, semua bisa terpengaruh jika kita tindak memantau penyebaran Omicron dengan lebih dekat," sambungnya.

Tujuh kriteria yang dimaksud yakni daftar syarat yang telah ditetapkan pemerintah untuk Malaysia bisa disebut masuk fase endemi COVID-19.

Di dalamnya mencakup jumlah tempat tidur yang digunakan rumah sakit, unit perawatan intensif dan pusat karantina dan perawatan berisiko rendah COVID-19, kapasitas testing laboratorium, dan tingkat kasus positif.

Menurut Hishammuddin, Kementerian Kesehatan Malaysia juga kini tengah mencari informasi lebih lanjut perihal masa inkubasi gejala dan penularan varian Omicron.

Hasil pencarian bakal diumumkan sesegera mungkin, sembari pemerintah kini memberlakukan kontrol pembatasan ketat dari negara-negara yang sudah melaporkan temuan varian Omicron.



Simak Video "Ahli: Deltacron Ada Kecenderungan Mirip Omicron"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT