ADVERTISEMENT

Kamis, 02 Des 2021 07:28 WIB

Kronologi Penemuan Pertama Kasus Varian Omicron di AS

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Seorang pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa (26/05) mengatakan bahwa Benua Amerika kini dianggap sebagai pusat baru pandemi virus Corona. Foto: Getty Images
Jakarta -

Amerika Serikat mengkonfirmasi temuan kasus pertama varian Omicron. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dan otoritas kesehatan di California mengkonfirmasi kasus pertama COVID-19 terkait dengan varian Omicron di AS pada Rabu (1/12/2021).

"Ini adalah kasus terkonfirmasi pertama COVID-19 yang disebabkan oleh varian Omicron di AS.... kami tahu bahwa hanya masalah waktu sebelum yang pertama. kasus Omicron akan terdeteksi di Amerika Serikat," kata Dr. Anthony Fauci, kepala penasihat medis presiden dikutip dari CBN.

Kronologi penemuan kasus pertama Omicron di AS

Otoritas mengatakan orang tersebut, yang belum diidentifikasi karena aturan privasi, adalah orang dewasa di bawah usia 50 tahun yang mulai memperhatikan gejala COVID-19 pada 25 November, beberapa hari setelah kembali dari Afrika Selatan pada 22 November.

Ia dinyatakan positif pada 29 November.

Pasien telah divaksinasi penuh dengan vaksin COVID-19 Moderna kurang dari enam bulan yang lalu, tetapi belum memenuhi syarat untuk menerima suntikan penguat atau booster.

Otoritas menyebutkan pasien itu melakukan karantina mandiri, dan semua kontak dekat telah dihubungi juga telah dilakukan tes. Semua kontak dekatnya negatif.

Gejalanya disebut cenderung ringan dan kini sudah mulai membaik.

Para ilmuwan di University of California, San Francisco telah mengurutkan sebagian besar tes positif yang dikumpulkan di San Francisco, dan telah diperingatkan tentang kemungkinan kemungkinan kasus Omicron pada Selasa (30/11/2021) sore.

Simak video 'AS Temukan Kasus Pertama Varian Omicron!':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT