Kamis, 02 Des 2021 08:04 WIB

Bertambah! Deretan Negara Ini Konfirmasi Kasus COVID Omicron

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Virus corona: Apakah varian Omicron memang sangat berbahaya? Foto ilustrasi. (Foto: BBC Magazine)

11. Kanada

Kana telah mendeteksi kasus pertama varian COVID-19, Omicron, di Ottawa. Kasus tersebut ditemukan pada dua orang yang baru saja melakukan perjalanan ke Nigeria. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Kesehatan Kanada, Jean Yves Duclos.

Lebih lanjut Jean menerangkan, pemantauan dan pengujian lanjut tengah dilakukan pihaknya. Saat ini pemerintah tengah menjadi perhatian khusus.

12. Denmark

Kementerian Kesehatan Denmark mendeteksi dua kasus virus Corona varian Omicron pada dua warga negaranya yang baru saja datang dari Afrika Selatan.

13. Austria

Austria melaporkan keberadaan suspek Covid-19 varian Omicron di negara itu untuk pertama kali, Sabtu (27/11). Seorang turis yang baru saja kembali dari Afrika Selatan pada Minggu lalu mendapatkan hasil positif Covid-19, dengan ada indikasi mengidap varian baru. Indikasi ini ditemukan pada tahap pengujian awal yang dilakukan oleh Institut Virologi di Innsbruck.

Suspek merupakan warga dari distrik Schwaz, Tyrol, Austria. Sampel warga tersebut akan dikirimkan ke Badan Kesehatan dan Keamanan Pangan Austria (AGES) untuk pengujian lebih lanjut.

14. Portugal

Portugal melaporkan kasus baru varian COVID-19 Omricon pada Selasa (30/11/2021) yang dikaitkan dengan tim sepak bola negara tersebut. Kejadian bermula saat seorang atlet bernama Belenenses SAD, diduga menularkan 13 orang atlet lainnya. Ia diyakini membawa varian Omricon usai melakukan kunjungan dari Afrika Selatan, menurut Luis Amarao, presiden Dewan Direksi Rumah Sakit Gracia de Orta, dikutip dari laman Xinhua, Rabu (1/12/2021).

Kini Portugal mencatat 13 kasus terkonfirmasi virus COVID-19 varian Omicron.

15. Brasil

Badan Kesehatan Brazil, Anvisa, mengatakan pada Selasa (30/11/2021) bahwa dua dari warga negaranya dipastikan terpapar COVID-19 varian Omicron. Anvisa mengatakan, seorang penumpang yang tiba di Sao Paula dari Afrika Selatan bersama istrinya yang tidak ikut berpergian, dinyatakan positif terkena varian baru tersebut.

Dilansir dari Reuters, Rabu (1/12/2021), kedua penumpang tersebut tiba di bandara internasional Guarulhos Sao Paulo pada 23 November dengan hasil tes negatif COVID-19.

16. Jepang

Pada Rabu (1/12/2021) pemerintah Jepang mengkonfirmasi kasus pertama varian Omicron terdeteksi di negaranya dari seorang diplomat asal Namibia yang baru tiba.

Dilansir dari Reuters, diplomat Namibia itu berusia 30 tahun dan baru tiba di Jepang pada Minggu (28/11/2021) waktu setempat. Diplomat asing itu diketahui terinfeksi varian Omicron setelah dinyatakan positif setibanya di Bandara Narita.

Atas kasus tersebut, otoritas Jepang kemudian mengumumkan larangan masuk untuk semua warga negara asing ke wilayahnya terhitung Senin (29/11/2021) kemarin.

17. Reunion (Prancis)

Pada Selasa (30/11/2021) pemerintah Perancis mengumumkan satu orang warganya terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona varian baru Omicron di La Reunion, pulau milik Prancis di Samudra Hindia. Enam orang lainnya saat ini tengah menjalani tes.

Peneliti resmi pemerintah Perancis, Dr Patrick Movingui mengatakan orang terkonfirmasi tersebut berusia 53 tahun yang sebelumnya mengunjungi Mozambik dan sempat singgah di Afrika Selatan. Kemudian ia kembali ke La Reunion sekitar dua minggu lalu dan langsung menjalani isolasi.

18. Swedia

Saat ini pemerintah Swedia mengonfirmasi bahwa ada satu warganya yang positif COVID-19 varian Omicron.

19. Spanyol

Sebuah rumah sakit di Madrid pada Senin (29/11/2021) mengumumkan telah mendeteksi kasus pertama virus Corona varian Omicron di Spanyol. Virus tersebut menginfeksi seorang pria yang melancong dari Afrika Selatan.

"Layanan mikrobiologi Rumah Sakit Gregorio Maranon di Madrid mengumumkan konfirmasi pertama varian Omicron di Spanyol," tulis keterangan rumah sakit dikutip dari AFP.

20. Arab Saudi

Arab Saudi mengkonfirmasi kasus pertama varian Omicron. Hal ini terungkap melalui kantor berita negara setempat, SPA. SPA mengutip pernyataan Kementerian Kesehatan Arab Saudi menjelaskan, pihaknya saat ini tengah mengisolasi satu pasien yang tenfeksi varian Omicron.

Kementerian mengatakan orang itu adalah warga negara Saudi yang telah melakukan perjalanan dari negara Afrika Utara, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

21. Amerika Serikat

Amerika Serikat mengkonfirmasi temuan kasus pertama varian Omicron. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dan otoritas kesehatan di California mengkonfirmasi kasus pertama COVID-19 terkait dengan varian Omicron di AS pada Rabu (1/12/2021).

Otoritas menyebutkan pasien itu melakukan karantina mandiri, dan semua kontak dekat telah dihubungi juga telah dilakukan tes. Semua kontak dekatnya negatif.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(kna/kna)