ADVERTISEMENT

Kamis, 02 Des 2021 09:04 WIB

Kisah Perjalanan 'Tak Terduga' Peneliti Afrika Selatan Temukan Varian Omicron

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Virus In Red Background - Microbiology And Virology Concept Varian Omicron. (Foto: Getty Images/iStockphoto/loops7)

Mendapati hasil tersebut, NICD langsung memasukan hasil penemuannya ke data sains global GISAID. Ternyata, Botswana dan Hong Kong juga telah melaporkan kasus dengan hasil mutan serupa.

Melaporkan ke WHO

Di keesokan harinya, Rabu (24/11/2021), pejabat tinggi NICD dan departemen kesehatan Afrika Selatan memberikan informasi mengenai varian baru tersebut ke Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Pada saat itu, kata Viana, lebih dari dua pertiga tes positif virus Corona di Gauteng, Afrika Selatan yang mencakup Pretoria dan Johannesburg, menunjukkan adanya penularan mutan gen S - tanda bahwa Omicron sudah menjadi varian dominan di wilayah tersebut.

Akibat varian Omicron tersebut, tingkat infeksi COVID-19 harian di Afrika Selatan meningkat sebanyak empat kali yakni sebesar 10.000 pada minggu kemarin.

Sementara itu, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa sedang mempertimbangkan untuk memperkenalkan vaksinasi wajib bagi warganya. Meski negaranya belum pulih dari total 3 juta infeksi COVID-19 selama pandemi dan ada lebih dari 89 ribu kematian.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Bertambah Lagi! Kini Varian Omicron Sudah Masuk Hawaii"
[Gambas:Video 20detik]

(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT