Jumat, 03 Des 2021 08:48 WIB

Singapura Kebobolan Omicron, RI Apa Kabar? Ini Kata Kemenkes

Ayunda Septiani - detikHealth
Pandemi COVID-19 DKI Jakarta makin hari makin terkendali. Salah satu indikatornya persentase kasus positif COVID-19 sudah berada di angka 0,9 persen. Singapura kebobolan varian Omicron, RI sudah ada? (Foto ilustrasi: Pradita Utama)
Jakarta -

Singapura belum lama ini telah mengkonfirmasi 2 kasus impor COVID-19 varian Omicron B.1.1.529. Keduanya ditemukan ketika tiba di dari luar negeri dan langsung diisolasi.

Kedua kasus saat ini diisolasi di National Centre for Infectious Diseases (NCID), dengan gejala ringan yakni batuk dan gatal-gatal di tenggorokan. Dilaporkan, keduanya sudah divaksinasi penuh.

Bagaimana dengan RI? Apakah sudah ada terdeteksi?

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi, MEpid, menjelaskan dari hasil pemeriksaan yang dilakukan belum menemukan adanya Omicron.

"Dari pemeriksaan genom sekuensing kita belum ada," jelas Nadia saat dihubungi detikcom, Jumat (3/12/2021).

"Sampai saat ini belum ya baru kita lakukan untuk perpanjangan karantina saja ya," tambahnya.

Secara terpisah, Salah seorang pakar Dicky Budiman, ahli epidemiologi dari Griffith University Australia meyakini bahwa varian Omicron sudah ada namun tak terdeteksi.

Hal tersebut dikarenakan sekuens genome virus Corona di Indonesia masih relatif lemah.

"Kemungkinan bahwa varian ini sudah ada atau terdeteksi setidaknya 1, 2, 3 (kasus) itu ya tentu ada, karena pertama kalau bicara ketika varian ditemukan iya bukan berarti pada hari itu dia benar-benar baru muncul, kan nggak seperti itu," kata Dicky.

Simak video ''WHO Soal Omicron: Semua Negara Kurangi Penyebaran Risiko!':

[Gambas:Video 20detik]



(ayd/kna)