Jumat, 03 Des 2021 14:50 WIB

Tren 'Kretek Abal-Abal' Viral di TikTok, Puas Dulu Manfaat Belakangan

Hartaty Varadifa - detikHealth
Close up of female osteopath doing shoulder blade therapy on young woman. Viral kretek abal-abal di TikTok. (Foto: Getty Images/iStockphoto/karelnoppe)
Jakarta -

Belakangan ini ramai pengguna TikTok mengunggah aksi mengeretek badan dengan hashtag #kretekabalabal. Tidak hanya dari kalangan biasa, para artis turut meramaikan kegiatan ini seperti Ivan Gunawan, Nikita Mirzani, dan Dewi Persik.

Pada salah satu unggahan akun TikTok @suarakretek, tampak selebritis Ivan Gunawan dibantu seseorang dalam aksi 'mengeretek' leher. Kepala Ivan Gunawan diputar lalu ditarik dan ditekan pada bagian punggung.

"Aaauu auuu ramee banget" teriak Ivan setelah mendengar suara 'krek'.

Tidak hanya di kalangan para artis, tren kretek abal-abal yang dilakukan tanpa bantuan terapis profesional juga dilakukan netizen pada umumnya. Tekniknya macam-macam. Ada yang badannya diputar-putar, dan banyak juga yang melakukannya dengan dipeluk atau didekap erat-erat hingga berbunyi "krek".

Dalam salah satu video yang viral, dua orang saling melakukannya dengan saling memeluk. Setelah diberi aba-aba, salah seorang di antaranya mendekap dengan kuat hingga berbunyi "kretek".

Video ini di-like hingga 1,7 juta pengunjung, dikomentari 33,4 ribu dan dibagikan oleh 155,2 ribu pengunjung.

@ayu_widyanitha

#stitch dengan @Arian & Leanna YANG JOMBLO JANGAN COBA 🤣 Sumpah lega sampe ubun ubun @degussurya #kretekabalabal

♬ suara asli - Widya//Lanakila.Bali - Widya// LanakilaBali

Aksi mengeretek badan sebenarnya sudah biasa dilakukan dan memang diakui dapat memberikan kepuasan terkhususnya ketika badan terasa pegal. Suara kretek seperti "krek krek" tersebut cenderung menjadi alasan masyarakat karena membuat terasa lega.

"Suara krekknya itu loo jadi pingin," ungkap akun @chocochipsku.

Tak sedikit pula yang mengaitkan dengan ASMR (Autonomous sensory meridian response). Beberapa netizen mengatakan, suara "kretek" yang muncul bisa menenangkan dan bahkan membuat kecanduan.

Bunyi kretek pada badan cenderung terjadi saat memutarkan beberapa sendi badan, dimana suara kretek tersebut muncul dari tekanan udara pada sendi tulang belakang.

Disebut kretek abal-abal karena hal ini dilakukan oleh orang-orang yang bukan dari kalangan profesional seperti dokter. Namun, kretek badan ini juga memiliki teknik tersendiri yang tidak bisa dilakukan sembarangan.



Simak Video "Luapkan Emosimu Di Sini, Hancurkan Saja Semua Hingga Berkeping!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)