Jumat, 03 Des 2021 17:31 WIB

Apa Itu ICVCU, Ruang ICU Tempat Haji Lulung Dirawat?

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Abraham Lunggana (Lulung) di Tanah Abang, Jakarta Pusat,  Senin  (21/3/2016). Haji Lulung (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Ketua DPW PPP DKI Jakarta, Abraham Lungggana atau Haji Lulung, diketahui mengalami serangan jatung dan tengah di rawat di ruang Intensive Cardiovascular Care Unit (ICVCU). Kabar terakhir, kondisi sang politisi tak sadarkan diri.

Kabar tersebut pertama kali disampaikan oleh Ketum PAN Zulkifli Hasan lewat akun Instagram miliknya @zul.hasan dan dikonfirmasi oleh anggota DPRD DKI Fraksi PAN, Riano.

"(Dirawat di) Ruang ICVCU," ucap anggota DPRD DKI Fraksi PAN, Riano kepada wartawan, Jumat (3/12/2022).

Lantas, apakah yang membedakan ruang ICVCU dengan ruangan lain itu?

Ahli jantung dr Vito A Damay dari RS Siloam Lippo Karawaci menjelaskan, ICVCU merupakan Instalasi Perawatan Intensif khusus bagi pasien dalam kondisi berat atau kritis yang membutuhkan tenaga terlatih dengan dukungan dan peralatan khusus.

"Ruang perawatan intensif jantung itu isinya monitor tekanan darah, rekaman listrik jantung, oksigen dengan satu perawat minimal untuk satu pasien," terang dr Vito kepada detikcom, Jumat (3/12/2021).

Dalam penjelasannya, seseorang dengan kondisi serangan jantung umumnya dirawat di ruang intensif tersebut. Karena saat pasien mengidap penyakit serius, diperlukan pengawasan ketat.

"Serius itu artinya bisa saja stabil dan tidak stabil. Stabil biasanya untuk monitoring dalam 48 jam bisa pindah ruangan, kalau tidak stabil biasanya akan perlu penanganan khusus lain," kata dr Vito.



Simak Video "Menilik Studi soal Trombosis Pasien Covid-19 yang Picu Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)