ADVERTISEMENT

Sabtu, 04 Des 2021 11:11 WIB

Ternyata Dari Sini Asalnya Bunyi Krek di Tren 'Kretek Abal-abal'

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Close up of female osteopath doing shoulder blade therapy on young woman. Foto: Getty Images/iStockphoto/karelnoppe
Jakarta -

Melakukan perenggangan seperti yang dipraktikkan oleh selebritas Bima Arya saat melakukan 'kretek abal-abal' menimbulkan bunyi 'krek' pada badan. Biasanya, bunyi tersebut ditunggu-tunggu karena banyak yang merasa tubuh akan terasa lebih enteng saat suara tersebut terdengar.

Namun, pernahkah kita bertanya dari mana usul bunyi 'kretek' yang keluar?

dr Ghuna Arioharjo Utoyo, SpOT(K), MHKes, dokter spesialis bedah ortopedi mencoba memberikan penjelasan fenomena tersebut secara mudah.

"Bunyi kretek itu dari kapsul sendi atau urat tendon atau urat lainnya karena kita melakukan stretching secara maksimum," terang dr Ghuna kepada detikcom, Jumat (3/12/2021).

Sedangkan dikutip dari Live Science, Sabtu (4/12/2021), saat kita meregangkan tubuh dengan cepat dan menghentak, ruang dalam sendi akan membuka sehingga tekanan dalam sendi akan menurun. Tekanan yang berkurang ini menarik gas-gas yang kemudian terlarut dalam cairan sinovial.

Ketika oksigen dan karbondioksida menjadi kurang larut, akan membentuk gelembung. Suara 'krek' yang kita dengar, merupakan gelembung yang terbentuk, seperti halnya ketika kita membuka kaleng soda.

Saat membuka kaleng soda, tekanan di dalam kaleng menurun sehingga karbon dioksida terlarut dapat membentuk gelembung. Nah, pelepasan gas inilah yang menghasilkan bunyi.

Uniknya, setelah kita membunyikan sendi-sendi tulang, kita tidak bisa langsung meregangkan dan mendapat bunyi serupa lagi dalam jangka waktu dekat karena perlu gas-gas agar mendapatkan efek itu kembali. Jika suara 'krek' itu muncul lagi dan bisa kita lakukan berulang-ulang kali, kemungkinan besar karena ligamen kita bergerak kembali ke tempatnya.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT