ADVERTISEMENT

Minggu, 05 Des 2021 05:40 WIB

Tren 'Kretek Abal-abal' Viral di TikTok, Bahaya Nggak Sih?

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Close up of female osteopath doing shoulder blade therapy on young woman. Kretek abal-abal (Foto: Getty Images/iStockphoto/karelnoppe)
Jakarta -

Tren baru tengah viral di TikTok, yakni mengeretek badan dengan teknik alakadarnya. Karena tidak dilakukan bersama terapis profesional, maka disebut 'kretek abal-abal'.

Pakar tulang dari dari Klinik Orthopaedi & Traumatologi, dr Ghuna Arioharjo, SpOT(K), mengingatkan untuk hati-hati. Sesekali dilakukan dengan porsi sewajarnya masih aman dilakukan, tetapi kalau ekstrem tidak boleh sembarangan.

"Kalau hanya mengkretek jari-jari kita sendiri, wajar aja, ok aja, tapi tetap harus hati-hati. Jaman dulu kan ada kasus yang malah membahayakan nyawa karena ini (praktik chiropractic)," katanya saat dihubungi detikcom, JUmat (4/12/2021).

Menurut dr Guna, bunyi 'kretek' yang muncul saat badan diputar atau ditekan berasal dari kapsul sendi atau turat tendon. Stretching yang maksimal biasanya menyebabkan suara tersebut.

Meski relatif aman, stretching ekstrem yang dibantu orang lain sebaiknya dilakukan oleh tenaga terlatih. Ada teknik tertentu yang harus dipelajari agar tidak malah memicu cedera serius.

"Contohnya misal kita mengalami low back pain (sakit punggung bawah), atau jepitan saraf, atau mengalami pergeseran tulang belakang. Biasanya, orang langsung di-'kretek' untuk stretching. Kalau salah, bisa saja mengalami kondisi lain yang lebih parah," pesan dr Ghuna soal tren 'kretek abal-abal'.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT